0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banjir Rabu Malam, 1.250 Rumah Terendam

dok.timlo.net/agung widodo
(dok.timlo.net/agung widodo)

Sukoharjo — Hujan selama lima jam pada Rabu malam (22/4) mengakibatkan sejumlah sungai meluap dan merendam ribuan rumah warga. Dari data BPBD Sukoharjo dan Kecamatan Grogol, sebanyak 1.250 rumah tergenang air dengan ketinggian antara 20 cm – 100 cm.

“Sejumlah lokasi seperti di Desa Purwogondo, Kartasura ketinggian mencapai satu meter lebih, sedangkan paling banyak terdampak di Desa Cemani sekitar 700-an rumah, akibat luapan Sungai Jenas,” kata Kepala BPBD Sukoharjo Suprapto, Kamis (23/4).

Selain merendam pemukiman warga, banjir juga terjadi pada fasilitas publik, seperti, kampus UMS, Rumah Sakit Ortopedi dan RSIS Yarsis. Jalan Ahmad Yani Kartasura juga sempat tergenang air luapan sungai yang berasal dari Boyolali selama dua jam.

Data dari BPBD menyebutkan, banjir melanda Kecamatan Kartasura mengakibatkan puluhan rumah terendam. Sedangkan di Grogol, lebih dari seribu rumah terdampak banjir dari Sungai Jenas maupun Sungai Bengawan Solo.

Di Kecamatan Mojoaban, daerah langganan banjir seperti di Desa Gadingan, Laban dan Tegalmade juga terendam air anak Sungai Bengawan Solo. di wilayah Mojolaban, genangan berasal dari air yang tidak bisa masuk ke Sungai Bengawan Solo karena tinggi muka air mencapai lebih dari 7,2 dpl.

“Saat ini banjir sudah surut sejak tadi pagi, namun kta tetap mengantisipasi kemungkinan datanganya hujan dan terjadi banjir, dan dipastikan tidak ada korbanjiwa dalam kejadian kemarin,” tandas Suprapto.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge