0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anggaran Belum Cair, Tahapan Pilkada Dimulai

Timlo.net - Tarmuji
Ketua KPU Wonogiri, Mat Nawir (Timlo.net - Tarmuji)

Wonogiri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri telah memulai tahapan Pilkada yang akan digelar Desember mendatang, yakni dengan melakukan perekrutan panitia pemilihan kecamatan dan panitia pemungutan suara (PPS). Namun, hingga proses tahapan ini selesai, anggaran untuk Pilkada yang dijanjikan sebesar Rp 26 miliar belum juga turun. Bahkan proses tahapan Pilkada tahun ini pun agak berbeda, biasanya proses rekrutmen PPK dan PPS melalui iklan di media massa kini ditiadakan.

“Tahapan tetap kami laksanakan, meskipun belum ada anggaran. Yang penting kami tetap menyiasatinya agar semua dapat berjalan lancar,” ungkapnya Ketua KPU Wonogiri, Mat Nawir, Kamis (23/4).

Penyiasatan itu diterangkan Mat Nawir, dilakukan pada pekerjaan administratif. Dia mencotohkan, formulir pendaftaran PPK maupun PPS, bisa digandakan dengan difotokopi.

“Sebenarnya kami sangat berharap anggaran bisa segera cair. Supayya pelaksanaan pentahapan pilkada bisa lancar,” terangnya.

Anggaran KPU Wonogiri untuk penyelenggaraan Pilkada 2015 mencapai Rp26 miliar. Dana ini akan digunakan untuk penyelenggaraan pemilu, termasuk untuk menyelenggarakan perekrutan PPK dan PPS, KPPS, serta atribut kampanye. Untuk rekrutmen PPK dan PPS dia memprioritaskan wajah-wajah baru. anggota PPK dan PPS yang sudah berulang kali tidak direkrut kembali.

Ditegaskan, kebijakan ini  merupakan pengaturan baru yang berdampak positif bagi Wonogiri. Jumlah yang  akan direkrut 5 orang untuk PPK per kecamatan di 25 kecamatan dengan total 125 orang dan 3 orang PPS per desa dan kelurahan di 294 desa/kelurahan dengan total 882 orang.

“Karena banyak yang wajah baru nantinya, tentu akan lebih berintegritas, semangatnya juga baru. Sumber daya manusia Wonogiri itu melimpah, jadi meskipun wajah lama ditiadakan, akan sangat banyak yang menggantikan,” tegasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge