0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banjir Surut, Warga Resik-Resik Rumah

Warga korban banjir membersihkan kotoran yang menempel di rumah (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Banjir yang menggenangi sejumlah rumah warga Dukuh Daleman dan Jomboran, Dusun Banaran, Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Karanganyar mulai surut. Namun warga tidak serta merta bisa duduk santai. Mereka terpaksa harus membersihkan berbagai kotoran yang menempel pada rumah dan peralatan yang ada.

“Kalau tidak segera dibersihkan nanti jadi bau dan bisa jadi penyakit,” ujar Apri, warga Daleman, Kamis (23/4).

Diberitakan sebelumnya, banjir melanda dua dukuh di Desa Ngringo akibat luapan sungai Bengawan Solo, Kamis dinihari. Air sempat masuk rumah tersebut disertai dengan lumpur-lumpur dan sampah lainnya.

“Warga membutuhkan air bersih yang banyak untuk membersihkan sisa-sisa lumpur dan kotoran akibat banjir, kata Apri.

Meski sudah lebih siap dari tahun sebelumnya, lanjut Apri, namun tak urung masih banyak barang-barang yang terendam banjir. Seperti sofa, karpet dan beberapa barang lain yang sulit dipindahkan.

“Ya harus secepatnya dibersihkan, keburu bau,” kata Apri.

Sementara itu, surutnya air tersebut juga dimanfaatkan Warti untuk membersihkan sejumlah peralatan rumah tangga yang basah karena tak sempat diselamatkan. Seperti sofa, karpet dan beberapa peralatan lain yang dimilikinya.

“Mumpung airnya sudah surut barulah bisa membersihkannya,” kata Warti.

Apri maupun Warti berharap ada bantuan air bersih untuk membersihkan segala peralatan yang terkena banjir. Pasalnya sumber air yang ada juga tercemar lumpur akibat banjir luapan Sungai Bengawan Solo, Kamis (23/4).

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge