0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Yogurt Tidak Tingkatkan Kesehatan Mental dan Fisik?

Dok: Timlo.net/ Google Images
Yogurt (Dok: Timlo.net/ Google Images)

Timlo.net—Yogurt disebut sebagai makanan sehat, tapi konsumsi makanan ini tidak akan meningkatkan kesehatan mental dan fisik, kata para peneliti.

Selama bertahun-tahun, berbagai penelitian menyatakan mengkonsumsi susu asam itu secara teratur bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya, yogurt diklaim meningkatkan sistem imunitas dan menurunkan lemak tubuh, melindungi diri dari keracunan dan meningkatkan kekuatan tulang serta membuat nafas segar.

Tapi sebuah penelitian terhadap lebih dari 4 ribu orang menyatakan tidak ada hubungan antara konsumsi yogurt dan perbaikan kesehatan.

Dr. Esther Lopez-Garcia, dari Autonomous University of Madrid, berkata: “Konsumsi yogurt secara teratur tidak dihubungkan dengan kualitas hidup yang berhubungan dengan kesehatan. Untuk penelitian di masa mendatang, instrumen yang lebih spesifik harus digunakan. Instrumen itu bisa digunakan untuk meningkatkan peluang menemukan manfaat makanan ini.”

Penelitian yang diadakan di Spanyol itu mengevaluasi hubungan antara produk susu dan konsep peningkatan kualitas kesehatan fisik dan mental. Konsep ini adalah konsep multi dimensi yang berhubungan dengan dampak terhadap fungsi fisik, mental, emosi dan sosial.

Penelitian itu dilakukan selama tiga setengah tahun dan melibatkan 4.445 orang Spanyol dewasa. Dr. Lopez-Garcia berkata: “Sebagai perbandingan dengan orang yang tidak mengkonsumsi yogurt, mereka yang mengkonsumsi produk susu ini tidak menunjukkan ada perubahan yang signifikan dalam skor mereka pada komponen fisik dan walaupun ada perbaikan yang sedikit secara mental, tapi tidak begitu signifikan.”

Hingga saat ini, beberapa penelitian telah menyatakan bahwa konsumsi yogurt bisa meningkatkan kualitas hidup secara langsung atau tidak langsung. Salah satu alasannya karena yogurt kaya kalsium, melindungi tulang dan bisa menolong melawan penyakit osteomuscular. Penyakit adalah penyakit yang sangat berpengaruh negatif terhadap kualitas hidup.

Yogurt juga dihubungkan dengan pengurangan berat badan dan tingkat resiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah. Baru-baru ini, ada aturan bahwa klaim manfaat kesehatan manfaat harus diuji secara ilmiah oleh European Food Safety Authority.

US Department for Agriculture juga mengulas kembali klaim yang dikatakan industri makanan. Dengan demikian, mereka bisa mengizinkan atau menolak klaim itu bila digunakan untuk tujuan komersial. Penelitian terbaru ini menyediakan informasi baru untuk menguji klaim dari industri produk susu.

Panduan konsumsi makanan di Spanyol dan negara lain mendukung konsumsi produk susu sebagai bagian dari pola makan yang sehat.

“Hal ini karena mayoritas penelitian berfokus pada efek secara keseluruhan, tapi akan menarik untuk mengevaluasi hubungan independent antara setiap jenis produk dan indikator kesehatan global,” kata Dr. Lopez-Garcia.

Penelitian ini diterbitkan di the Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics.

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge