0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banjir Surut, Pemkot Solo Siapkan Dapur Umum

dok.timlo.net/daryono
Seorang anak bermain di depan rumahnya yang dipenuhi lumpur di Banyuanyar (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyiapkan dapur umum bagi warga korban banjir. Pemkot juga tengah melakukan pendataan wilayah terdampak.

Hal itu disampaikan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo saat meninjau area banjir di kawasan Banyuanyar, Banjarsari, Kamis (23/4) pagi.

“Ini kita membuka dapur umum sekaligus pendataan. Selain itu, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) juga kami minta melakukan pembersihan lumpur di jalan, sekolah, kantor pemerintah dan puskesmas” kata Rudy, sapaan Walikota, kepada wartawan.

Pantauan Timlo.net di wilayah Banyuanyar, banjir akibat luapan Kali Pepe sudah surut. Warga mulai membersihkan rumahnya masing-masing. Malam tadi, ketinggian air di Banyuanyar mencapai 1 meter.

Rudy melanjutkan, dapur umum dibuka ditiga lokasi yakni PMI, Kota Barat, dan Banyuanyar. Dapur umum akan dibuka sampai kondisi normal.

Adapun wilayah terdampak, sambung Rudy, tersebar di beberapa kecamatan. Antaralain Banyuanyar, Kadipiro, Sumber, Nusukan yang berada di lingkup Kecamatan Banjarsari. Kemudian di Kelurahan Bumi, Kecamatan Laweyan, serta Mojosongo dan Gulon di Kecamatan Jebres.

Banjir kali ini merupakan banjir kedua di wilayah aliran Kali Pepe. Sebelumnya, banjir serupa sempat terjadi di 2008.

“Ini banjir kiriman dari Boyolali. Kali ini lebih besar dibanding 2008 lalu,” ujarnya.

Disinggung jumlah pengungsi, Rudy menyampaikan warga hanya sempat mengungsi sebentar. Pagi ini, warga sudah kembali ke rumah masing-masing lantaran banjir sudah surut. Sejauh ini juga tidak ada laporan korban jiwa.

“Tidak ada korban jiwa,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge