0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bengawan Solo Meluap, Warga 2 Dukuh Ngungsi

dok.timlo.net/nanang rahadian
Banjir genangi Dukuh Daleman, Dusun Banaran, Desa Ngringo, Jaten, Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Meluapnya Sungai Bengawan Solo kembali menggenangi Dusun Banaran, Desa Ngringo Kecamatan Jaten, Karanganyar, Kamis (23/4) dinihari. Ketinggian air yang mencapai lebih dari satu meter, membuat sebagian warga mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

“Air mulai naik ke pemukiman penduduk Kamis (23/4) sekira pukul 00.30 WIB. Hingga pukul 02.00 WIB ketinggian air sudah mencapai 150 centimeter dari bibir sungai,” kata Kepala Dusun Banaran, Desa Ngringo Kecamatan Jaten, Guntoro saat ditemui Timlo.net, Kamis (23/4) pagi.

Informasi yang dihimpun Timlo.net, sebanyak 36 kepala keluarga (KK) 114 jiwa warga Dukuh Daleman Rt 7/ RW 6  dan 2 KK 5 jiwa Dukuh Jomboran  RT 1/ RW 7 semuanya masuk di Dusun Banaran mengungsi ke rumah tetangga yang tempatnya lebih tinggi sedangkan sebagian mengungsi di tenda darurat yang telah didirikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar.

“Ini banjir memang langganan, semua warga langsung mengungsi ke tempat yang lebih tinggi,” kata Guntoro.

Guntoro menambahkan warga Dukuh Daleman dan Jomboran memang berada paling dekat dengan bibir sungai Bengawan Solo. Bahkan rumah warga ada yang hanya berjarak 3 meter dari bibir sungai.

“Memang mengkhawatirkan tapi sudah agak lumayan karena ada bronjong-bronjong penahan longsor,” jelasnya.

Dahulu, kata Guntoro, sebelum ada normalisasi sungai dan pemasangan bronjong penahan longsor. Sebagian rumah penduduk sering longsor. Namun setelah adanya pembangunan tersebut rumah warga aman dari longsor.

“Ya karena letaknya hanya beberapa meter dari sungai, meluap sedikit saja, air langsung masuk rumah,” katanya.

Guntoro berharap pemerintah segera membangun tanggul penahan banjir seperti yang dilakukan di bawah jembatan Jurug hingga sebelum perumahan penduduk.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge