0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hujan Deras, 3 Desa di Colomadu Kebanjiran

dok.timlo.net/daryono
Banjir menggenangi sejumlah tempat di Solo beberapa waktu lalu (dok.timlo.net/daryono)

Karanganyar — Hujan yang turun terus sejak Rabu (22/4) sore hingga malam hari menyebabkan sebagaian wilayah Kecamatan Colomadu tergenang air. Bahkan di beberapa titik genangan, warga harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

“Air mulai naik sekitar pukul 21.00 WIB. Hingga dinihari air terus mengalami kenaikan,” kata Kapolsek Colomadu, AKP Sodikun saat dihubungi wartawan, Kamis (23/4) dinihari.

Saat ini, kata AKP Sodikun, air menggenangi 3 desa di wilayah kecamatan Colomadu. Desa Ngasem terendam banjir akibat meluapnya air sungai yang mengarah ke Kali Pepe. Bahkan air mencapai 1 meter di beberapa titik genangan. Sebanyak 200 Kepala Keluarga (KK) rumahnya tergenang. Anak-anak dan para Lansia dievakuasi dan ditempatkan di tempat yang lebih aman.

“Air sungai tidak mampu menampung air hujan sehingga meluap hingga ke rumah-rumah penduduk,” jelas Kapolsek.

Sedangkan di wilayah Gawanan, kata Kapolsek, air sungai naik hingga 3 meter namun yang terdampak banjir hanya 4 KK. Warga juga tidak diungsikan namun tetap siaga.

“Walaupun naiknya tinggi hingga 3 meter namun kondisi di Gawanan relatif aman karena jarak sungai da perumahan tidak terlalu dekat,” jelas Kapolsek AKP Sodikun.

Kondisi yang sama juga tejadi di Desa Klodran, 50 KK rumahnya tergenang air hingga ketinggian 1 meter, Anak-anak dan para orang tua terpaksa diungsikan ke balaidesa dan tempat-tempat yang lebih aman. Pihaknya bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar  juga terus melakukan pemantauan sepanjang malam hingga pagi ini

“Kami koordinasi terus dengan BPBD,” kata Sodikun.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge