0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ratusan Siswa SD Meriahkan Festival Dolanan Anak Tradisional

Festival Dolanan Anak Tradisional (timlo.net/nanang)

Karanganyar — Di tengah kencangnya arus modernisasi, rupanya masih ada segelintir anak-anak yang masih belum meninggalkan permainan tradisional khas masa lampau. Terbukti, dari 17 kecamatan yang ada di Karanganyar, terdapat 20 regu dari sejumlah Sekolah Dasar (SD) yang ikut meramaikan Festival Dolanan Anak yang digelar di pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Rabu (22/4).

“Kami mencoba untuk menggali potensi anak, dimana dulu permainan dilakukan dengan ala kadarnya namun menyenangkan. Sebelumnya, belum ada permainan yang seperti kita ketahui sekarang,” ujar Sarno, Panitia Penyelanggara Festival Dolanan Anak Tradisional dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karanganyar, kepada wartawan, Rabu (22/4).

Dirinya menilai, anak jaman sekarang lebih individual lantaran lebih memilih gadget ketimbang asyik bermain bersama teman-teman.

“Disini ada pertunjukan permainan anak dengan diiringi musik tradisional. Kami ingin ada kebersamaan dan gotong royong yang terjaga dengan model berkelompok ini,” tandas Sarno.

Gelaran yang diperlombakan tersebut, turut menghadirkan sejumlah juri dari kalangan akademisi dan budayawan. Yang memenuhi kriteria gerak, irama dan kreativitas, bakal dipilih sebagai yang terbaik. Namun demikian, Sarno menjelaskan, muatan pesan yang disampaikan dari pementasan, menjadi salah satu penilaian penting.

“Tak hanya sekedar bagus, namun ada pesan yang disampaikan. Kami ingin ada muatan edukasi dari pertunjukan anak-anak,” katanya.

Sementara itu, sejumlah peserta tampak antusias mengikuti festival tersebut. Gilang Pamungkas, siswa SD Wukirsawit 1 Jatiyoso bahkan telah mempersiapkan diri secara khusus selama dua minggu penuh. Kendati mengaku sempat sakit, dirinya tetap serius melatih diri.

“Ini mau menampilkan jaranan campur. Dua minggu latihan terus di sekolah,” tuturnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge