0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Shinzo Abe Sambangi Leluhur di Kalibata

dok.merdeka.com
Shinzo Abe (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyempatkan diri berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (22/4). Kedatangan Shinzo Abe ke Makam Kalibata untuk melakukan tabur bunga sebagai tanda penghormatan kepada tentara Jepang yang gugur di medan perang pada zaman dahulu.

Shinzo Abe didampingi pejabat pemerintahan dan juga Duta Besar Jepang untuk Indonesia. Dia terlihat rela berpanas-panasan saat melakukan upacara penghormatan sekitar 10 menit.

Usai melakukan upacara, Shinzo Abe langsung melakukan tabur bunga ke salah satu makam. Makam tersebut diketahui adalah seorang pejuang asal Jepang yang berperang membela Indonesia yaitu Ito Shicio.

Ito Shicio menjadi tentara Indonesia pada saat masa penjajahan dan berpangkat sersan mayor. Meski namanya tak dikenal, Ito Shicio sangat populer di negeri Sakura itu.

Haryanto, salah satu anak Ito Shico mengaku sangat bahagia dengan kedatang Shinzo Abe. Dia tak menyangka ayahnya yang merupakan warga Jepang dan membela kemerdekaan Indonesia justru mendapat penghormatan dari Shinzo Abe.

“Saya tersanjung. Ayah saya sebelumnya sebagai tentara Jepang, ikut berjuang untuk Indonesia. Bapaknya saya pangkatnya sersan mayor dia tugas di Sumatera,” kata Heryanto usai acara lawatan.

Berkat perjuangan ayahnya tersebut, kini dia dan keluarganya sudah resmi menjadi warga negara Indonesia. Heryanto pun mengaku senang selama ini tinggal di Indonesia.

“Kami sudah WNI, sejak jaman presiden yang sebelumnya. Saya harap, hubungan Indonesia Jepang semakin baik,” jelasnya.

Usai melakukan lawatannya, tersebut Shizo Abe langsung meninggalkan Taman Makam Pahlawan, untuk melanjutkan rangkaian kegiatan KAA.

[eko]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge