0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Buka KAA, Jokowi Desak Reformasi PBB

Jokowi buka Asian African Business Summit. ©Setpres RI/Laily (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pidato pembukaan dalam acara puncak Konferensi Asia Afrika ke-60 di Jakarta Convention Center (JCC). Dalam sambutannya, Jokowi menuntut reformasi PBB dan mengajak seluruh kepala negara membela kemerdekaan Palestina yang masih dijajah.

Jokowi menjelaskan, semangat diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika 60 tahun lalu yakni salah satunya untuk memenuhi rasa keadilan seluruh bangsa. Menurut dia, sampai hari ini masih banyak terjadi konflik yang melanda negara-negara di Asia dan Afrika.

“Keadilan, kesetaraan dan kemakmuran masih jauh dari harapan. Ketidakadilan dan kesenjangan sosial terpampang di hadapan kita,” kata Jokowi di JCC, Jakarta, Rabu (22/4).

Jokowi mendesak agar PBB berfungsi dengan maksimal memperjuangkan keadilan bagi seluruh negara di dunia. Sebab sampai saat ini, dia merasa ketidakadilan masih menyesakkan dada.

“Mendesak reformasi di PBB, agar berfungsi secara optimal sebagai badan dunia yang mengutamakan keadilan bagi kita semua, bagi semua bangsa, ketidakadilan global terasa semakin menyesakan dada,” kata Jokowi.

“Kita dan dunia masih berhutang pada rakyat Palestina. Dunia tidak berdaya menyaksikan penderitaan rakyat Palestina yang hidup dalam ketidakpatutan, penjajahan yang berlangsung sejak lama,” jelas Jokowi yang disambut tepuk tangan para kepala negara yang hadir.

Dia mengingatkan kepada seluruh kepala negara Asia Afrika untuk tidak melupakan rakyat Palestina yang sampai saat ini masih menderita karena penjajahan. “Kita tidak boleh berpaling dari penderitaan Palestina, kita harus mendukung sebuah negara palestina yang merdeka,” tegas dia.  [rnd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge