0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Separo Warga Terdampak Longsor Tak Punya Lahan Pengganti

Warga membuat relokasi mandiri (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Separo warga terdampak longsor di Dukuh Ngariboyo dan Tirip, Dusun Segebyar, Desa Lempong, Kecamatan Jenawi, Karanganyar belum memiliki lahan pengganti. Saat ini warga masih menempati sejumlah titik pengungsian yang tersebar di beberapa dusun.

“Kebutuhan relokasi amat mendesak lantaran sebagian rumah warga sudah tak memungkinkan untuk ditempati kembali. Di sisi lain, tanah kas desa sebagai alternatif lahan relokasi pun tak layak,” kata Ketua DPC PDIP Karanganyar, Endang Muryani, beberapa saat lalu.

Untuk itu, Endang mengusulkan opsi transmigrasi maupun relokasi ke wilayah lain yang cukup aman di luar Desa Lempong.

“Kalau masih berada disini rasanya sudah tidak memungkinkan. Apalagi kondisi alam disini cukup riskan,” sebut Endang.

Endang pun mendesak agar Pemkab segera melakukan upaya penyelesaian pasca bencana, utamanya bagi para korban. Pasalnya, dirinya melihat penanganan khususnya untuk korban bencana masih belum optimal.

“Ini kan di lapangan kita lihat belum maksimal kaitannya dengan penanganan bencana disini. Istilahnya melakukan upaya penyelesaian pasca bencana disini. Minggu depan kami akan mengecek kembali melalui komisi,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Akibat dilanda bencana tanah longsor Kamis (16/4) lalu, sebanyak 45 rumah di dua dukuh meliputi Ngariboyo dan Tirip di Dusun Segebyar, Desa Lempong, Kecamatan Jenawi mengalami kerusakan. Lima diantaranya sudah rata dengan tanah, sementara sisanya kondisinya cukup mengkhawatirkan. Sebanyak 75 jiwa dari total 24 Kepala Keluarga (KK) pun mengungsi di sejumlah titik pengungsian berbeda.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge