0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cegah Peredaran Narkoba, Sopir Angkutan Umum Dites Urine

timlo.net/nanang
(Ilustrasi) Pemeriksaan urine terhadap sopir bus angkutan umum (timlo.net/nanang)

Karanganyar — Untuk memastikan pengemudi angkutan umum bebas narkoba, Tim Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Karanganyar, bersama Polres Karanganyar, Selasa (21/4) menggelar tes urin bagi pengemudi angkutan umum.

“Kami menyasar beberapa lokasi secara acak. Diantaranya pool bus Rosalia Indah dan perempatan Papahan,” kata Ketua Tim P4GN Karanganyar Rohadi Widodo di sela-sela pemeriksaan urin di pool bis Rosalia Indah, Selasa (21/4).

Rohadi menambahkan, ada 175 sopir AKAP dan AKDP di Karanganyar, yang menjadi sasaran tes. Dengan tes urin ini, pihaknya ingin memastikan, tidak ada sopir angkutan umum di Karanganyar yang memakai narkoba. Sebab mereka membawa kendaraan dengan banyak penumpang. Kalau sampai memakai narkoba, bisa membahayakan keselamatan diri dan penumpangnya.

“Pemeriksaan urine ini juga merupakan salah satu bentuk pencegahan terhadap peredaran narkoba,” katanya.

Di Karanganyar, kata Rohadi, kasus narkoba masih relatif sedikit. Tahun lalu ada 14 kasus. Tapi ini tetap disikapi serius. Langkah pencegahan tetap dilakukan optimal, agar peredaran narkoba bisa dicegah.

Sementara itu, Petugas dari Urusan Kesehatan (Urkes) Polres Karanganyar, memeriksa sampel air seni dari sopir bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) maupun Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) dengan tester khusus. Hal ini untuk mengetahui apakah mengandung zat narkotika atau tidak.

Dalam pemeriksaan dilakukan di dua lokasi, yakni di pool bus PO Rosalia Indah di Palur, serta di kawasan Papahan tidak ditemukan sopir yang positif mengkonsumsi narkoba saat mengemudikan kendaraan.

“Jika muncul garis dua pada tester, maka negatif narkoba. Tapi kalau garisnya satu, berarti positif memakai narkoba,” kata salah satu petugas Urkes Dokpol yang memeriksa.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge