0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati Agus: RA Kartini Pakai AKIK

Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman dalam upacara peringatan Hari Kartini ke-136  di Kantor Setda Sragen, Selasa (21/4). (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Raden Ajeng Kartini merupakan salah seorang sosok pahlawan yang menerapkan AKIK, akronim dari Amanah Kreatif, Inovatif dan Kerja sama. Putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat ini mempunyai kriteria dari keempat faktor yang dibutuhkan dalam membangkitkan emansipasi wanita pada jaman dahulu.

“Yakni amanah yang berarti dapat dipercaya membuat terobosan, kreatif dimana mempunya kreatifitas untuk mengukir sejarah bagi wanita. Inovatif yang melaksanakan strategi bagi kebangkitan wanita pada jamannya. Maupun kerja sama dengan kaum wanita dan pria dalam mewujudkan cita-citanya bagi kemajuan wanita,” kata Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman dalam upacara peringatan Hari Kartini ke-136  di halaman Kantor Setda Sragen, Selasa (21/4).

Menurut Agus, setiap orang dari agama apapun diajarkan untuk menolong sesamanya, terutama kepada warga yang kurang mampu. Menolong sesama merupakan awal untuk membangun pembelaan kepada orang miskin.

“Bukan orang lain yang membuat Sragen jadi negara kebahagiaan tapi dari kita sendiri. Mulai saat ini dan sekarang,” katanya.

Dalam rilis yang disampaikan bagian Humas Setda Sragen, upacara peringatan hari Kartini Selasa pagi diikuti oleh Sekretaris Daerah Sragen,  jajaran Forum Pimpinan Daerah beserta Istri, SKPD, Organisasi Wanita dan pelajar.

Sebelumnya rangkaian kegiatan peringatan hari Kartini di Sragen diawali dengan donor darah, disusul dengan pengobatan gratis dan pemberian bantuan sembako kepada 150 orang warga kurang mampu di Balai Desa Plumbon, Kecamatan Sambungmacan.

Selain itu juga ada lomba paduan suara dari setiap TP PKK kecamatan di Sragen, ziarah ke TMP Manggala Sragen dan  senam sehat di GOR Diponegoro untuk  PNS dan masyarakat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge