0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rumah Mahkota Siap Bina Penderita Gangguan Jiwa

dok.timlo.net/ist
Peresmian Rumah Mahkota di Tlatar, Boyolali (dok.timlo.net/ist)

Boyolali — Tak hanya melayani gangguan keamanan dan ketertiban, Rumah Mahkota yang berada di kawasan wisata Tlatar, Boyolali juga menangani penderita gangguan jiwa. Di Rumah Mahkota ini, penderita gangguan jiwa yang terlantar akan dirawat dan diobati.

Rumah Mahkota menempati rumah milik anggota Bhabinkamtibmas Polsek Boyolali Kota, Bripka Suryono, yang berada di Tlatar, Kebonbimo, Boyolali Kota. Rumah Mahkota menjadi salah satu terobosan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat selain juga memberikan rasa aman bagi pengunjung obyek wisata Tlatar.

“Ini pertama di Boyolali dan kedua di lingkup Polda Jateng. Kami berharap para Bhabinkamtibmas bisa membuat terobosan seperti ini untuk menghadirkan polisi di tengah-tengah masyarakat bisa terwujud,” kata Kapolres Boyolali AKBP Budi Sartono, Selasa (21/4).

Keberadaan Rumah Mahkota dharapkan bisa merespon dengan cepat setiap ganguan keamanan di masyarakat 24 jam  sekaligus melakukan penyelesaian. Namun bila tidak bisa diselesaikan dan harus dibawa ke ranah pidana, baru dilaporkan ke Polsek dan Polres.

Sementara menurut Bripka Suryono, selain sebagai tempat melapor terdekat, di Rumah Mahkota ini juga mendirikan Komunitas Peduli Sosial Memanusiakan Manusi (Komdusia). Dimana kelompok ini bergerak di bidang penangganan penderita gangguan jiwa. Komdusia dibentuk berawal dari rasa keprihatinan terhadap banyaknya penderita gangguan jiwa yang terlantar.

“Kita bina dan obati mereka (penderiota gangguan jiwa) tanpa dipungut biaya,” ungkap Suryono.

Dijelaskan, selama berdiri, Rumah Mahkota sudah menanggani enam penderita gangguan jiwa. Empat diantaranya sudah dinyatakan sembuh oleh rumah sakit jiwa sehingga bisa dipulangkan. Diharapkan nantinya polsek-polsek di
wilayah hukum Boyolali mempunyai Rumah Mahkota.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge