0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rela Keliling Dunia Jalankan Tugas Rahasia

Wuri Wuryanti (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Perempuan asal Indonesia, Wuri Wuryanti, mendapat nobel Perdamaian dunia dari Organization for the Prohibition of Chemical Weapon (OPCW) tahun lalu. Kini, ia mengaku senang menjalankan tugas-tugas rahasia dari PBB.

“Tentu saya merasa sangat senang atas upaya saya 16 tahun ini yang saya kerjakan dalam tim OPCW. Ini mendapat pengakuan dunia dengan meraih penghargaan Nobel,” jelas wanita bergelar doktor dari Universitas Reading, Inggris seperti dikutip dari press LIPI, Selasa (21/4).

Dia menjelaskan, keterlibatannya dengan OPCW bermula dari desakan teman-teman dan atasannya untuk melamar di lembaga tersebut.

“Secara terus terang saat itu saya katakan pendidikan saya bukan kimia. Akhirnya dari 14 pelamar WNI saya termasuk satu-satunya yang dinyatakan lulus pelatihan calon inspektur OPCW,” sambung dia.

Meski sempat terganjal karena Indonesia belum meratifikasi aturan Konvensi Senjata Kimia, akhirnya ia ini diangkat menjadi Analytical Chemist Inspector dan Duty Officer pada Sekretariat Teknis OPCW pada 1999 lalu.

“Sukanya kami berkunjung ke tempat-tempat terpencil di berbagai belahan dunia. Dengan paspor biru PBB kami memiliki privilege tertentu. Dalam melaksanakan tugas kami juga menghitung jumlah bom berisi senjata kimia untuk dihancurkan,” ucap dia.

Namun tak jarang dia harus meninggalkan keluarga dengan misi rahasia dari PBB. Dirinya pun terkadang merasa terancam saat menjalankan tugas berbahaya seperti destruction facility dan chemical industry.

Bagi dia tidak ada yang lebih membahagiakan dari melihat senjata kimia berbahaya dihancurkan di depan matanya.

“Semoga enam negara Israel, Myanmar, Angola, Mesir, Korut dan Sudan Selatan bisa meratifikasi aturan Konvensi Senjata Kimia, juga proses senjata kimia di AS dan Rusia dipercepat. Sehingga tekad untuk membebaskan dunia dari senjata kimia terwujud,” harap dia.

[siw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge