0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penelitian Konfirmasi Uang Tidak Berikan Kebahagiaan

ilustrasi (dok.merdeka.com)

Timlo.net—Anda selalu berusaha kenaikan gaji, tapi akankah hal itu membuat Anda lebih bahagia? Sebuah penelitian baru dari Spanyol menyimpulkan bahwa kekayaan membuat kita lebih sulit menghargai kesenangan yang sederhana.

Dan hal ini adalah hal yang buruk untuk keseluruhan kondisi mental kita. Alasannya: hidup kita utamanya terbentuk dari kesenangan sederhana. Jadi menemukan kesenangan ini adalah hal yang membuat kita bahagia, kata pemimpin penelitian Elizabeth Dunn, Ph.D, seorang profesor psikologi di the University of British Colombia dan pengarang “Happy Money: The Science of Happier Spending.”

Para peneliti ini mensurvei 415 peserta dan menemukan bahwa semakin sering orang berwisata, semakin dia kurang bisa menikmati perjalanan ke tempat yang biasa yang indah. Penelitian itu menemukan efek yang serupa pada pengalaman lain, seperti menikmati makanan. Semakin banyak restoran enak yang kita kunjungi, semakin kita kurang menikmati warung makan sederhana di dekat rumah kita.

Hal ini karena kita menghargai hal-hal yang langka, kata Dunn. Semakin banyak barang kita kumpulkan entah itu jam, perjalanan, makanan, kita semakin kurang bisa menghargai masing-masing benda atau pengalaman.

Dan juga ada fakta bahwa kesenangan yang sederhana bisa terlihat tidak berarti bila dibandingkan dengan yang luar biasa, kata Michael Norton, Ph.D. rekan Dunn dalam penulisan buku “Happy Money.”

Tapi kita bisa mereset perspektif kita untuk bisa meraih lebih banyak keindahan setiap hari. Cobalah untuk berhenti menikmati kesenangan yang sederhana untuk membuatnya sebagai pengalaman yang jarang.

“Orang berpikir bahwa lebih banyak uang akan membuat mereka lebih bahagia,” kata Norton. Tapi kenyataannya, sekali kita memiliki banyak uang dan bisa memenuhi kebutuhan dasar kita, hidup tidak terasa begitu memuaskan.

Pikirkan soal kenangan favorit Anda. Berapa banyak yang berupa pengalaman mewah dan berapa banyak yang melibatkan momen sederhana dengan orang yang kita cintai? Hubungan sosial adalah kunci untuk memperoleh kebahagiaan yang sebenarnya, kata Dunn. Jadi jika kita ingin berinvestasi pada sesuatu, berinvestasilah pada hubungan kita dengan orang-orang di hidup kita.

Sumber: Men’s Health.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge