0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bau Keringat Kita Buat Orang Lain Bahagia

bau keringat.
Keringat bisa tularkan kebahagiaan. (Dok: Timlo.net/ Getty Images.)

Timlo.net—Menurut sebuah penelitian baru dari Psychological Science, orang bisa menularkan rasa bahagia kepada orang lain melalui keringat mereka. Penelitian itu menemukan bahwa para wanita menunjukkan lebih banyak tanda kebahagiaan saat mereka mencium bau keringat pria yang bahagia.

“Terpapar keringat yang dihasilkan di bawah suasana bahagia menyebabkan sang penerima meniru perasaan itu dan menularkan emosi yang sama,” kata pemimpin penelitian Gun Semin, seorang profesor di Utrecht University, dalam sebuah pernyataan. “Seseorang yang bahagia akan menyebarkan perasaan itu ke orang lain di sekitarnya,” tambah Gun.

Menentukan bagaimana keringat bisa mempengaruhi kebahagiaan orang yang menciumnya memerlukan beberapa penelitian tidak biasa. Para peneliti menunjukkan beberapa klip film kepada sebuah kelompok yang terdiri dari 12 pria. Klip film itu dimaksudkan untuk menimbulkan rasa takut atau bahagia. Sekelompok pria lain ditunjukkan klip film yang mengandung adegan netral.

Setelah menonton klip film, para peneliti mengumpulkan sampel keringat para pria dengan menempelkan sebuah bantalan pada ketiak mereka. Lalu, peneliti meminta 36 wanita menicum sebuah botol kecil yang mengandung bau dari bantalan berbau keringat tadi. Para wanita tersenyum lebih sering saat mereka mencium keringat pria yang bahagia.

Penelitian ini berskala kecil dan diperlukan penelitian lain dalam skala yang lebih besar. Penelitian lain menunjukkan bahwa chemosignaling atau menyampaikan perasaan lewat bau, bisa menimbulkan perasaan negatif pada orang lain. Tapi penelitian baru ini menunjukkan bahwa bau bisa menimbulkan rasa bahagia juga.

Sumber: Time.com

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge