0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Air PDAM Wonogiri Keruh, Warga Ancam Berhenti Langganan

dok.timlo.net/aris arianto
Kantor Pusat PDAM Giri Tirta Sari Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Sejumlah pelanggan air milik Perusahaan Daerah Air Minum(PDAM) Giri Tirta Sari, Wonogiri mengeluh buruknya mutu dan kualitas air PDAM beberapa hari terakhir ini. Di saat musim kemarau, pasokan air berkurang, sedang saat musim penghujan ,airnya selalu berwarna keruh dan kotor. Bahkan, beberapa pelanggan mengancam akan berhenti berlangganan air dari PDAM.

“Selama empat hari belakangan ini aliran air PDAM sempat mati selama dua hari, sebenarnya sempat hidup tapi mati lagi,” terangMuhamad Kariri (40) warga Dusun Cubluk, Kelurahan Giritirto, Wonogiri Kota, Senin (20/4).

Menurut Kariri, mati dan keruhnya air PDAM tersebut sangat mengganggu aktivitas seluruh anggota keluarganya. Bahkan, dirinya mengancam akan berhenti berlangganan air PDAM jika pelayanannya semakin buruk seperti saat ini.

“Kalau begitu terus, kita putuskan saja berlangganan dengan PDAM. Mendhing gawe sumur wae,” ancamnya.

Direktur PDAM Wonogiri, Sumarjo mengakui, dalam dua hari ini memang aliran air sedang kacau. Kekeruhan air sudah terjadi dari sumber atas (sumber air Kuryo di Kabupaten Karanganyar).

“Memang untuk aliran air ke Kota pada hari Sabtu (18/4) dan Minggu (19/4), aliran dari atas memang keruh,” terang Sumarjo saat ditemui wartawan, Senin (20/4).

Sumarjo menambahkan, dengan adanya kejadian semacam ini, pihaknya mengimbau agar warga, khususnya pelanggan PDAM Giri Tirta Sari, untuk membuat ataupun menyediakan tandon air di rumah mereka masing-masing Dengan alasan, jika suatu saat aliran PDAM mati, pelanggan sudah memiliki cadangan air.

“Kita sedang memetakan tempat-tempat yang mempunyai sumber air dalam kemudian akan kita gali. Saat ini, suplai air PDAM berasal dari air permukaan (waduk, sungai), sumber air dan sumur dalam,” terangnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge