0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

17 Polwan Karanganyar akan Berjilbab

Polwan Polres Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar —  Sebanyak 17 polisi wanita (Polwan) dari jajaran Polres Karanganyar telah mengajukan diri untuk dapat mengenakan jilbab selama bertugas. Meski data para Polwan sudah diserahkan ke Polda Jateng, namun petunjuk pelaksanaan dan teknis penggunaan jilbab tersebut belum turun.

“Detil petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaannya belum turun kita masih menunggu itu,” kata Kabag Sumda Polres Karanganyar Kompol Sukarsi, kepada wartawan, beberapa saat lalu.

Sukarsi menambahkan, dalam petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis (Juklak dan Juknis) nanti dijelaskan soal desain, warna maupun waktu pemakaiannya.

“Yang pasti, jilbab itu nanti akan didesain supaya memungkinkan personil bisa menggunakan topi. Semua harus seraga, dan tidak boleh swadaya sendiri,” kata Kompol Sukarsi.

Sementara itu, Kapolres Karanganyar AKBP Mahedi Surindra menambahkan, berdasarkan petunjuk langsung dari Kapolri, Polwan diperbolehkan untuk mengenakan jilbab selama bertugas. Namun, sebagai salah dari institusi negara, penggunaan jilbab tersebut harus dalam bentuk keseragaman.

“Yang ingin berjilbab, kami persilahkan. Tapi saya tekankan, bahwa tidak semua Polwan lantas diwajibkan untuk menggunakan jilbab. Namun, kalau memakai jilbab, semua harus sama dan seragam,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, di jajaran Polres Karanganyar terdapat sebanyak 44 personel Polwan. Mereka tersebar di berbagai satuan, sampai ke seluruh jajaran Polsek. Di sisi lain, dengan bertambahnya sekitar 20 Polwan baru, Kapolres bakal menyebar para personel tersebut ke sejumlah Polsek yang ada.

“Program Mabes Polri mengenai Polwan Masuk Polsek kan sudah harus terealisasi pada 2015 ini. Tiap Polsek kita dorong, paling tidak ada 2 Polwan yang bertugas di sana,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge