0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Korban Longsor Menjing Ngungsi ke Rumah Saudara

Pengungsi tanah longsor Desa Menjing, Jenawi, Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Kondisi berbeda terjadi pada penanganan pengungsi korban tanah longsor di Desa Menjing, Kecamatan Jenawi, Karanganyar yang terjadi pada Kamis (16/4) dinihari lalu. Mereka tidak ditampung di Balai Desa Menjing dan gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jenawi seperti korban sebelumnya, namun mengungsi ke rumah-rumah kerabat.

“Nanti kita upayakan memperoleh jaminan hidup (Jadup) seperti pengungsi sebelumnya,” kata Sekretaris Desa Menjing Mardoko saat di hubungi wartawan, Minggu (19/4)

Mardoko mengatakan, dari pengalaman merawat 79 kepala keluarga (KK) korban tanah ambles dan longsor pada Maret lalu, banyak yang stres akibat tinggal di Balai Desa.

“Sejauh ini juga tidak ada perintah untuk menjadikan Balai Desa sebagai tempat pengungsian bagi korban longsor Kamis kemarin,” katanya.

Dari pendataan yang dilakukan Pemerintah Desa Menjing, tercatat ada 40 rumah yang dihuni 40 keluarga yang rusak akibat longsor yang terjadi Kamis dinihari lalu. Sebelas di antaranya rusak berat. Tiga rumah hancur total, 15 rusak berat, 10 rusak sedang dan 12 rusak ringan.

Rumah yang rusak berada di 10 dusun, yakni Dusun Jambon, Sumberejo, Selokerto, Polan, Gratak, Panggung, Jetis, Menjing, Guntur dan Karangasem.

Mardoko menambahkan, korban longsor Kamis lalu akan diupayakan mendapat jadup dari Pemkab Karanganyar.

“Data calon penerima sudah kami pegang. Lengkap, termasuk tempat mengungsi mereka,” imbuhnya.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nugroho menyatakan, akan berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan desa untuk tindakan pascabencana, seperti pemberian jadup, rencana relokasi dan evakuasi barang berharga.

“Untuk saat ini, tindakan yang dilakukan masih fokus pada pembersihan bekas longsoran dan membantu evakuasi,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge