0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Pilkada, KPUD Kesulitan Mencari Panitia Ad Hoc

dok.timlo.net/nanin
Kantor KPU Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Munculnya aturan baru terkait anggota panitia Ad Hoc yang tidak boleh menjabat dua kali dalam Pilkada besok, bakal menyulitkan KPUD Boyolali. Aturan baru tersebut tertuang dalam PKPU No. 03/ 2015 pasal 18 huruf k ayat 1, tentang panitia penyelenggara pemungutan suara tidak boleh menjabat lagi setelah dua periode menjabat.

”Dalam ketentuan PKPU terbaru, masyarakat yang pernah menjadi KPPS, PPS, dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) selama dua periode pemilihan kepala daerah (pilkada), untuk pilkada tahun ini tidak diperbolehkan lagi menjadi panitia penyelenggara pemungutan suara,” jelas anggota Komisioner KPU Boyolali, Ali Fachrudin, Minggu (19/4).

Menyikapi ketentuan ini, Ali mengakui daerah akan kesulitan saat merekrut KPPS dan PPS yang baru. Pasalnya, untuk mendapatkan SDM ditingkatan RT/RW tidaklah mudah. Namun untuk tingkatan PPK, tidaklah begitu sulit, karena SDM untuk tingkat kecamatan sangat banyak.

“Kami akan mengkomunikasikan masalah ini dengan Pemkab, paling tidak camat dan kades bisa membantu perekrutan,” imbuhnya.

Sementara itu, KPU mulai Minggu kemarin mulai mengumumkan perekrutan KPPS, PPS, dan PPK. Dengan adanya larangan bagi KPPS, PPS, dan PPK yang pernah dua kali menjadi panitia, maka jangka waktu perekrutan dibuat lebih lama. Pada pilkada sebelumnya, jumlah panitia yang dibutuhkan adalah 7 orang per KPPS, 3 orang per PPS ditambah 3 orang sekretariat PPS, dan 5 orang PPK di tambah 3 orang sekretariat PPK.

“Perekrutan sampai satu bulan hingga 18 Mei.”

Anggota Komisioner KPU Boyolali lainnya, Pargito, menambahkan sudah menyurvei ke beberapa desa terkait rencana perekrutan KPPS dan PPS. Pihaknya menemukan banyak kendala terkait dengan keterbatasan SDM untuk level KPPS.

“Kalau sudah jadi panitia pilkada 2005 dan 2010, tahun ini sudah tidak bisa lagi,” imbuhnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge