0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Saat Gadget Mendekatkan dan Menjauhkan

Aksi PMKRI (timlo.net/daryono)

Solo –  Meski saling mengenal dan duduk bersebelahan, sejumlah wanita berseragam itu tidak berbincang. Mereka justru asik dengan gadget ditangan mereka masing-masing. Lalu lalang pengunjung Car Free Day (CFD) juga tidak mereka gubris.

Itulah gambaran aksi yang digelar Perhimpunan Mahasiswa Katolik Indonesia (PMKRI) Solo, Minggu (19/4). Melalui aksi itu, mahasiswa mengkritisi penggunaan gadget yang menghilangkan kontak sosial langsung.

“Kalau ketemu teman lama, kita justru asik dengan gadget. Makan malam keluarga juga berbicaranya kurang karena masing-masing asik dengan gadget. Apalagi keluarga yang profesinya menggunakan gadget. Interaksi semakin berkurang karena gadget,” kata Ketua PMKRI Solo, Thressia Ika, kepada wartawan di sela aksi.

Penggunaan gadget sendiri, sambung Ika, semakin pesat. Ironisnya, sebagian masyarakat menggunakan gadget hanya untuk mengikuti gaya hidup bukan karena kebutuhan. Hal itu terlihat dari banyaknya masyarakat memburu gadget keluaran terbaru.

Oleh karenanya, tambah Ika, PMKRI Solo mengajak masyarakat mengkritisi pemakaian gadget. Dalam waktu dekat, PMKRI akan membahasan fenomena itu dalam diskusi Sekolah Kebudayaan Populer bertajuk “Aku, Sosial dan Gadget”

“Kalau ada istilah gadget mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat, rasanya benar. Harapan kami masyarakat lebih bijak menggunakan gadget,” ujar mahasiswa jurusan Ilmu Sejarah UNS ini.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge