0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diduga Korupsi, Sejumlah Pejabat dan PNS Diincar Kejari

dok.merdeka.com
ilustrasi tahanan (dok.merdeka.com)

Solo – Kejaksaan Negeri (Kejari) Solo membidik sejumlah pejabat aktif di kalangan Pemkot Solo dan pihak lain sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dana taktis. Meski telah menetapkan sejumlah nama tersangka, namun pihak Kejari masih enggan untuk membeberkannya.

“Untuk saat ini belum waktunya kami sampaikan nama atau inisialnya. Biarkan kami fokus dulu dan supaya tidak terusik dengan adanya gugatan prapreadilan oleh pihak tersangka,” jelas Kasi Intel Kejari Solo, M Rosyidin mewakili Kajari Solo, Didiek Djoko Ady Poerwoko baru-baru ini.

Diungkapkan, sejumlah kasus yang masuk ke dalam tahap penyidikan diantaranya pengadaan mesin gear box oleh PTPN IX Solo dan Anggaran Biaya Tambahan (ABT). Sedangkan, kasus dana hibah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo tahun 2013 masih ditingkat penyelidikan.

“Dua kasus itu sudah naik ke tingkat sidik. Untuk tersangka sudah ada yang kita bidik. Untuk namanya, tunggu dulu sampai proses penyidikan sempurna. Mungkin akhir bulan ini,” ungkap Kasi Intel.

Terkait kasus dana hibah, Kasi Intel mengaku, terdapat kesamaan dengan kasus sebelumnya dengan tersangka anggota DPRD Kota Solo, Hery Jumadi.

“Besaran anggaran yang diselewengkan bervariasi. Dalam kasus ABT kerugian negara mencapai, Rp 6,9 miliar. Dan untuk kasus pengadaan gear box oleh PTPN IX Solo, kerugian negara ditaksir mencapai Rp. 750 juta. Sedangkan, dana hibah dibawah Rp. 100 juta,” paparnya.

Disinggung kasus ABT sendiri, Kasi Intel mengungkapkan, pihaknya telah memeriksa sejumlah saksi pejabat Pemkt Solo, seperti Triyana dan Agus Sutrisno. Menurutnya, kasus ABT adalah perkara lama yang diusut kembali lantaran telah ditemukan unsur pidana lainnya yang menjerat oknum pejabat tertentu.

“Masih ada pihak lain yang bertanggung jawab dalam kasus ini, setelah tiga terdakwa lainnya yang telah menjalani proses hukum di pengadilan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge