0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Seleksi Calon Anggota Panwaslu Dipenuhi Wajah Lama

Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Panwaslu Kabupaten/Kota Jawa Tengah, M Fajar Subhi AK Arif. (Timlo.net - Agung)

Sragen – Sebanyak 12 orang calon anggota Panitia Pengawas Kabupaten/Kota dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati/Wakil Bupati (Pilbup) Kabupaten Sragen mengikuti tes wawancara di Aula Sukowati Setda Sragen, Sabtu (18/4). Diantara 12 orang tersebut sebagian adalah wajah-wajah lama yang sebelumnya pernah menjadi anggota Panwaslu Sragen.

Sebut saja Slamet Basuki, Heru Cahyono dan Danardi. Selain itu juga terdapat mantan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen, Edy Suprapto danKoordinator Presidium Lingkar Studi Sukowati (LS2) Sragen, Ikhwanushofa juga terlihat mengikuti tes wawancara.

Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Panwaslu Kabupaten/Kota Jawa Tengah, M Fajar Subhi AK Arif mengakui munculnya wajah-wajah lama tersebut. Namun hal itu dipandangnya sebagai suatu yang dinamis sehingga calon anggota Panwaslu Sragen diharapkan benar-benar berkualitas.

Namun demikian orang-orang lama itu tidak serta merta mendapat prioritas utama untuk bisa lolos tahapan selanjutnya.

“Yang ikut wawancara semua ada 12 orang. Sebagian memang wajah lama. Saya kira itu malah cukup baik komposisinya, mereka berpengalaman. Tapi bukan berarti mereka kita utamakan, harus dipertimbangkan juga hasil tes tertulis kemarin,” kata Fajar kepada Timlo.net, Sabtu (18/4).

Fajar menjelaskan, diantara materi yang ditanyakan saat tes wawancara sesuai dengan pedoman dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), seperti regulasi Pilkada, integritas, kepemimpinan dan penguasaan wilayah, kondisi geografis dan sosiologis Kabupaten Sragen.

“Pertimbangan lainnya dalam menentukan tes wawancara ini juga masukan dari masyarakat yang ditujukan ke tim seleksi. Tadi juga kita tanyakan ada masukan seperti ini benar atau tidak. Kita konfirmasi ke mereka untuk menjawab. Semua identitas dari pemberi masukan kita rahasiakan,” jelasnya.

Fajar menambahkan, pihaknya masih membuka kesempatan bagi masyarakat untuk memberi tanggapan dan masukan sampai Minggu (19/4) sore sebelum pihaknya menyelenggarakan rapat pleno untuk membahas hasil tes wawancara. Sedangkan hasil tes wawancara akan dimumkan di website www.bawaslu-jatengprov.go.id, pada Senin (20/4) mendatang.

“Dari 12 orang nanti akan kita ambil 6 orang untuk mengikuti fit and proper test yang akan dilakukan langsung oleh Bawaslu. Fit and proper test rencana akan digelar tanggal 26 April,” pungkas Fajar.

Sementara salah satu peserta tes yang juga mantan anggotaa Panwaslu Sragen, Slamet Basuki mengaku tidak kesulitan saat mengikuti tes wawancara. Namun dia tidak mau berandai-andai dan menyerahkan sepenuhnya kepada tim seleksi.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge