0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada, Panwaslu Wonogiri Butuh 2000 Pengawas TPS

dok.merdeka.com
(Ilustrasi) Pilkada (dok.merdeka.com)

Wonogiri — Sebanyak 2.030 tenaga pengawas Tempat Pemungutan Suara(TPS) dibutuhkan oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Wonogiri, dalam helatan Pemilihan Kepala Daerah(Pilkada) Desember mendatang.

“Sesuai regulasi Perpu Nomor 1 Tahun 2014, pengawas Pilkada tingkatannya sampai ke TPS. Kalau di pemilihan sebelumnya hanya sampai di tingkat desa/kelurahan, ” jelas Anggota Panwaslu Wonogiri, Isnawanti Solikhah, Jumat (17/4)

Dikatakan, tidak hanya Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), maupun Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) dalam helatan Pilkada Wonogiri. Panwascam juga membutuhkan tenaga pengawas di tingkatan TPS.

Untuk satu TPS, akan ada satu orang pengawas. Tenaga pengawas diambilkan dari masyarakat sekitar, dan akan bekerja selama satu bulan. Atau tepatnya, sejak 23 hari sebelum hari H pemungutan suara, hingga tujuh hari setelah hari pemungutan.

Ditambahkan Isnawati, terkait jumlah total pengawas sudah sesuai dengan ketentuan KPU. Sebelum pengawas TPS dibentuk, terlebih dahulu akan dibentuk Panwascam dan PPL.

“Masih menunggu kepastian pusat. Yang jelas, setelah pelantikan anggota Panwaslu, dilanjutkan rekrutmen anggota panitia pengawas kecamatan (Panwascam),” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge