0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ketua DPRD Desak Pemkab Sragen Segera Bentuk BPBD

timlo.net/agung widodo
Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto (kiri) saat meninjau lokasi longsor di Dukuh Sambilenguk, Desa Jetis, Kecamatan Sambirejo, Jumat (17/4). (timlo.net/agung widodo)

Sragen — Menyusul terjadinya bencana seperti banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah di Kabupaten Sragen belum lama ini, Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto mendesak Pemkab segera  membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Tingkat kerawanan bencana di Sragen cukup tinggi dan tersebar di sejumlah kecamatan. Makanya membutuhkan penanganan cepat dengan pembentukan BPBD,” kata Bambang di sela-sela meninjau lokasi longsor di Dukuh Sambilenguk, Desa Jetis, Kecamatan Sambirejo, Jumat (17/4).

Menurutnya, penanggulangan bencana tanah longsor dan banjir masih menjadi pekerjaan rumah. Padahal bencana alam yang terjadi di wilayah Kabupaten Sragen baru-baru ini dinilai membutuhkan penanganan serius.

Saat ini penanganan bencana di Sragen masih dilakukan oleh Satuan Koordinasi Pelaksana (Satkorlak) Penanggulangan Bencana dan Pengungsi yang diketuai Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas).

Bambang menjelaskan, kalau tidak ada BPBD, maka penanganan bencana alam di kabupateb/kota akan lebih berat. Selain itu, upaya dan penanganan yang dilakukan pemerintah pusat dan provinsi tidak akan maksimal tanpa adanya BPBD.

“Sragen sudah mempunyai Perda dan tinggal menjalankan. Karena BPBD ada anggaran dari pusat sehingga kucuran dana nanti bisa dimanfaatkan,” jelas Bambang yang juga Ketua DPC PDIP Sragen ini.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge