0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terlibat Kasus Penggelapan, Kades Guwokajen Ditahan Polisi

timlo.net/nanin
Kabag Pemdes Boyolali, Arif Wardianta (timlo.net/nanin)

Boyolali — Kepala Desa Guwokajen, Sawit, Budi Raharjo, ditahan di Mapolres Klaten, dalam kasus penggelapan. Sementara untuk pelaksanaan tugas pelayanan di masyarakat, saat ini diambil alih sang sekdes.

“Iya, untuk sementara tugas dan urusan kades dimandatkan ke saya,” ujar Sekdes Guwokajen, Agus Y, Jumat (17/4).

Dijelaskan, meski sang kades sudah ditahan polisi, pihak desa hingga kini belum mendapat surat pemeritahuan resmi dari Polres Klaten. Desa baru mengetahui hal itu, setelah diberi tahu keluarga sang kades. Saat ini, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Pemkab Boyolali.

“Kita sudah lakukan koordinasi ke Pemkab, untuk mengambil langkah berikutnya,” katanya.

Ditemui terpisah, Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Arief Wardiyanta, begitu mendengar hal itu langsung mendatangi ke Balai Desa Guwokajen. Terkait penahanan Kades Guwokajen, pihaknya  sudah melakukan koordinasi dengan penyidik Polres Klaten. Dari penyidik, dirinya mendapat penjelasan jika Kades Budi Raharjo ditahan karena kasus penggelapan.

“Namanya terseret kasus hasil pengembangan kepolisian dalam kasus penggelapan,” ungkapnya.

Untuk saat ini, pihaknya belum bisa mengambil langkah lebih lanjut. Pasalnya, hingga kini masih dilakukan penyidikan lebih lanjut. Untuk menghentikan Budi Raharja, sebagai kades, pihaknya masih menunggu hasil penyelidikan.

“Kalau sudah ditetapkan sebagai terdakwa,baru kita pemberhentian sementara,” ujarnya.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan sekdes dan perangkat Desa Guwokajen. Utamanya membahas kewenangan yang bisa dilakukan sekdes. Layanan urusan kependudukan dan catatan sipil, termasuk pengajuan pernikahan bisa dilakukan Sekdes.

“Kita akan pantau kasus ini dan jangan sampai kepentingan masyarakat Guwokajen terganggu,” imbuhnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge