0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Microsoft Kerja Sama Cyanogen Tawarkan Aplikasi dan Layanan

cyanogen microsoft
Cyanogen dan Microsoft (Dok: Timlo.net/ Phone Arena.)

Timlo.net—Microsoft baru-baru ini menawarkan kumpulan aplikasi dan layanan mereka di smartphone Android. Dan rupanya mereka tidak berhenti di situ, mereka juga bekerja sama dengan Cyanogen, perusahaan di balik CyanogenMod. Software Cyanogen berikutnya akan dilengkapi dengan aplikasi Microsoft seperti Skype, OneDrive, OneNote, Outlook, Bing dan Office Mobile. Lebih jauh, Cyanogen berkata bahwa layanan dan aplikasi Microsoft akan terintegrasi dengan custom Android milik Cyanogen.

Kerja sama Cyanogen dan Microsoft ini cukup menarik. Sebelumnya ada rumor bahwa Microsoft tertarik ingin membeli saham perusahaan Cyanogen. Rumor itu terbukti salah, tapi memang ada hubungan di antara kedua perusahaan itu yang sedang berkembang.

Microsoft sepertinya ingin meninggalkan jejak mereka di berbagai smartphone Android. Microsoft menarik biaya pada pabrikan Android untuk lisensi teknologi. Rupanya diperlukan 200 paten Microsoft untuk membuat smartphone Android.

Pemberitaan terbaru menyatakan bahwa Microsoft bekerja sama dengan 11 produsen smartphone berbeda untuk menurunkan harga lisensi. Syaratnya smartphone dan tablet mereka harus menyertakan aplikasi Microsoft. Dua di antara 11 pabrikan itu adalah Samsung dan Dell. Microsoft juga berusaha membawa Windows 10 ke smartphone Android. Caranya mereka mengembangkan custom ROM yang baru-baru ini diuji di Xiaomi Mi4.

Sumber: Phone Arena.

 



loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge