0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Akhirnya Traktor Bantuan Jokowi Dibagikan

Muspida Plus saat menghadiri penyerahan bantuan 37 hand traktor di Selogiri. Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Setelah beberapa bulan ngendon di Balai Benih Padi Dwi Sri milik Dispertan TPH di Kecamatan Selogiri, akhirnya bantuan hand traktor  dari Presiden Jokowi, sebanyak 37 buah diserahterimakan kepada 37 kelompok tani di Wonogiri, Jumat (17/4).

“Sebenarnya ada 60 buah traktor bagi kelompok tani Wonogiri. Tapi yang 23 buah masih ada di Jakarta belum sampai di sini. Saat ini 37 buah yang sebelumnya telah sampai, kami bagikan semua,” ungkap Kepala DispertanTPH Wonogiri, Safuan.

Dikatakan, ngendonnya bantuan traktor itu lantaran terbentur proses verifikasi bagi kelompok tani penerima bantuan. “Dengan verifikasi, hasilnya kami gunakan untuk menerapkan skala prioritas,jadi bantuan ini benar-benar diberikan bagi kelompok tani yang tidak memiliki hand traktor,” terangnya.

Paidi, anggota Kelompok Tani Rukun Santoso, asal Kecamatan Eromoko, mengatakan keberadaan traktor sangat vital bagi kelompoknya. Traktor sangat diperlukan untuk efisiensi proses penyiapan lahan. Selama ini anggota kelompok menyewa traktor dan belum bisa mengusahakan sendiri. Rencananya, traktor bantuan itu akan dikelola oleh kelompok dan perhitungan bagi hasil. Anggota kelompok tetap dikenai ongkos sewa.

“Misalnya sewa Rp 75 ribu, ya masing-asing bagian dapat Rp 25 ribu. Hitung-hitungan ini sudah menjadi kesepakatan seluruh anggota kelompok,” terang Paidi

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge