0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tidak Ikut UN, Siswa Tidak Dapat SKHU

dok.timlo.net/tyo eka
Ketua Panitia UN 2015 Kota Solo, Aryo Widyandoko (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Saat berlangsung ujian nasional (UN) jenjang SMA/SMK, ada sejumlah siswa tidak mengikuti. Di antaranya disebabkan ada dalih lantaran hasil UN tidak mensyaratkan kelulusan. Pasalnya, kelulusan diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing sekolah, karena untuk lulus cukup lulus ujian sekolah.

“Pada tahun 2015 ini, nilai UN memang tidak mensyaratkan kelulusan,” ujar Ketua Panitia UN 2015 Kota Solo, Aryo Widyandoko saat bertemu di ruang kerjanya, Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Solo, Jumat (17/4).

Namun demikian, lanjut Aryo yang juga Sekretaris Dinas Dikpora Solo, kendati lulus, apabila tidak mengikuti UN maka siswa bersangkutan tidak akan mendapatkan Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) yang berisi nilai UN.

Padahal untuk melanjutkan sekolah atau bekerja di sejumlah perusahaan, kata Aryo, apakah cukup nilai yang dikeluarkan oleh masing-masing sekolah? Apakah tidak dibutuhkan SKHU? “Pasti sekolah yang di atasnya atau perusahaan yang berkualitas tentu akan meminta SKHU tersebut,” ujarnya.

Aryo mengatakan, keikutsertaan siswa pada UN memang diserahkan hak masing-masing siswa dan keluarganya. Hanya saja, fakta di lapangan, apakah nilai hasil ujian sekolah sudah cukup tanpa disertai nilai dari ujian nasional.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge