0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Alumni FK UNS akan Gelar ICU Without Walls

Solo – Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) akan menggelar Simposium ICU Without Walls, di Hotel Sunan Solo, tanggal 30 – 31 Mei 2015 mendatang.

“Simposium ini bekerja sama dengan Jakarta Critical Center Alumni (JCCA) merupakan joint symposium,” ungkap Wakil ketua panitia joint symposium, Arifin kepada wartawan, di Solo, Kamis (16/4).

Simposium, menurut Arifin, akan membahas berbagai biopatogenesis serta aplikasi praktis di praktik sehari-hari di bidang critical medicine atau penanganan terhadap pasien kritis, dengan harapan pelayanan terhadap pasien bisa semakin baik, sesuai ilmu-ilmu terbaru.

“Penting perhatian dari berbagai pihak terkait, khususnya dari tenaga-tenaga kesehatan, termasuk juga para pengambil kebijakan terhadap persoalan critical care saat ini,” jelasnya.

Arifin mengatakan, adanya sistem yang memberlakukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), sangat diperlukan tenaga-tenaga profesional dan terukur, termasuk masalah pembiayaan yang juga harus dilakukan dengan sebaik mungkin.

Arifin juga menyatakan, saat ini pasien kritis di rumah sakit luar biasa jumlahnya sangat banyak sehingga critical care sangat dibutuhkan. Namun di sisi lain, banyak rumah sakit yang belum memenuhi ketentuan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) tentang rasio ketersediaan ruang ICU, di mana setidak-tidaknya dengan rasio 2-5 persen dari ketersediaan bed di rumah sakit.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge