0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banjir di Ngrampal dan Sambungmacan, Seorang Nenek Meninggal

Warga bergotong royong membersihkan rumah pasca banjir di Kecamatan Ngrampal, Kamis (16/4). (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Selain bencana tanah longsor akibat banjir di Kecamatan Sambirejo, bencana banjir juga terjadi di Kecamatan Ngrampal dan Kecamatan sambungmacan, Sragen,  Kamis (16/4) dini hari.

Banjir yang disebabkan luapan Sungai Mahbang dan Jambu menerjang di Kecamatan Ngrampal dan Sambungmacan. Di Ngrampal tercatat 343 keluarga terkena dampak bencana alam itu terdari dari Dukuh Jambu, Ngringin, Kebonromo dan Murong.

Sedangkan di Kecamatan Sambungmacan, banjir setinggi tiga meter menenggelamkan 700 keluarga di Dukuh Bulu dan Lemahbang, Desa Karanganyar. Bahkan, akibat banjir ini menyebabkan  seorang nenek, Marto Suronojogo (80) meninggal dunia akibat terjatuh dan tenggelam saat hendak menyelematkan diri dari rumahnya di Dukuh Lemahbang RT 3, Desa Karanganyar.

Dari informasi di lapangan, nenek yang tinggal bersama dua anaknya itu terjatuh dari atas kasur. Marto langsung dikebumikan di pemakaman umum setempat, Kamis siang.

Banjir besar juga mengakibatkan dua ekor kambing milik Parno (47), 200 ekor ayam milik beberapa warga. Kerugian ditaksir sekitar Rp 4.500.000 ternak cacing milik Mulyono (43). Sementara, satu rumah milik Rakinu (58) roboh karena pondasinya ambles.

Sementara pasca banjir, aparat Kepolisian dan TNI serta relawan membantu mengevakuasi sejumlah warga yang terjebak banjir dengan perahu karet. Sejumlah warga yang menderita sakit terpaksa harus digotong dan diungsikan ke rumah warga lain yang aman dari bencana banjir.

Kapolsek Ngrampal, AKP Sugiyanto menjelaskan, banjir yang menyebabkan ratusan rumah terendam ini akibat kiriman dari hulu sungai Mahbang,  yang diguyur hujan deras. Meski banjir tidak berlangsung lama, namun kerugian akibat banjir yang merendam 4 dukuh tersebut diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge