0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Longsor, Belasan Rumah di Menjing Rusak

timlo.net/nanang
Longsor di Dusun Jambon, Desa Menjing Kecamatan Jenawi (timlo.net/nanang)

Karanganyar – Bencana tanah longsor kembali terjadi  di Dusun Jambon, Desa Menjing, Kecamatan Jenawi. Longsor yang terjadi Kamis (16/4) dinihari, sekitar pukul 01.00 menyebabkan 15 rumah mengalami rusak. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun kerugian materi diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

“Warga sudah waspada. Kebanyakan tidak tidur, kalau hujan turun hingga berjam-jam. Mereka jaga-jaga kalau terjadi sesuatu. Dan ternyata pukul 01.00, terjadi longsor,” kata Samino, salah seorang warga Dusun Jambon, Kamis (16/4).

Menurut Samino, yang juga relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, sebanyak 15 rumah di Dusun Jambon terdampak longsoran. Empat di antaranya rusak parah, yakni rumah Hadi Sartono, Wagiman, Sri Raharjo dan sebuah gereja. Seluruhnya berada di wilayah RT 3 RW 6.

“Di Dukuh Sumberejo, tiga rumah milik Sumadi, Darmin dan Wanto, rusak parah. Sementara di Dukuh Selokarto, empat rumah remuk diterjang longsor, antara lain milik Sadi, Hadiyatno dan Yitno,” jelasnya.

Sementara itu, Sujarwo warga Selokarto mengatakan enam rumah di Selokarto terancam ambruk, karena lokasinya berdekatan dengan titik longsor.

“Yang dua rumah, milik Sumadi dan Sadi, sudah tidak berbentuk. Rata dengan tanah,” tuturnya.

Pascakejadian, mulai Kamis pagi, warga mulai mengevakuasi barang-barang berharga miliknya ke tempat yang aman. Mereka juga mengungsi ke rumah kerabat, karena rumahnya sudah tidak memungkinkan untuk ditinggali.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge