0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BPJS Nunggak, Diduga Adanya Praktik Calo

Seorang warga tengah mengisi formulir pendaftaran kepesertaan BPJS (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Banyaknya tunggakan iuran bulanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soedirman Mangun Sumarso (SMS) Wonogiri terjadi setiap bulannya. Pihak RSUD pun mengendus adanya praktik percaloan dalam pembuatan kartu BPJS.

“Kebanyakan warga masyarakat yang notabene warga pinggiran, setelah sakit baru ketahuan kalau mereka menunggak iurannya,” ungkap Direktur RSUD Wonogiri, Setyorini saat dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Kamis (16/4).

Dikatakan, setelah ditelusuri lebih dalam ternyata hampir sebagian besar warga yang menunggak BPJS itu pendaftarannya dilakukan secara bersama-sama. Kuat dugaan warga itu mendaftar BPJS lewat calo, dengan cara meminta sejumlah uang ke warga untuk mengurus BPJS tanpa menjelaskan warga ada iuran per bulan yang harus dibayarkan. Warga pun hanya mengetahui ,sekali membuat, kartu itu akan aktif selamanya.

“Sebenarnya, animo warga tentang BPJS sangat baik,” jelasnya.

Ditambahkan, RSUD pernah didatangi puluhan warga dari daerah Jatisrono menggunakan bus mini untuk mendaftar BPJS. Warga yang datang itu tidak tahu apa-apa. Mereka hanya diminta salah seorang datang ke RSUD mendaftar BPJS.

“Gubenur Jateng pernah menangkap basah calo BPJS. Banyaknya calo BPJS yang berkeliaran itu menjadikan BPJS 2014 nasional merugi senilai Rp 2 triliun,” katanya sembari menambahkan, banyaknya klaim BPJS di RSUD membuat pihaknya menambah jumlah kamar. Pasalnya kamar yang tersedia saat ini selalu dipenuhi pasien BPJS.

“Kami tetap melayani warga yang menunggak BPJS. Setelah selesai periksa kam suruh mereka untuk segera membayar tunggakan. Yang jelas kami memprioritaskan pasien BPJS kritis untuk rawat inap,sedang pasien BPJS yang kondisinya tidak urgent,kami sarankan rawat jalan,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge