0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Ikuti Ujian

5 Siswa SMK dan SMA di Karanganyar Tak Lulus

UJian Nasional CBT (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Lima peserta Ujian Nasional (UN) 2015 tingkat SMA/SMK di Karanganyar dinyatakan mengundurkan diri. Pasalnya mereka sudah tidak hadir saat pelaksanaan ujian sekolah.

“Sejak awal memang mereka sudah berniat mengundurkan diri. Hanya kami tak tahu persis apa penyebabnya. Padahal, mereka juga sudah masuk dalam Daftar Nominasi Tetap (DNT) peserta UN 2015, entah kenapa tak mau ikut,” ungkap Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karanganyar, Agus Hariyanto, kepada wartawan, Rabu (15/4).

Kelima peserta tersebut, yakni Tutur Prasetyo dari SMK Satya Karya, Ekhsanudin dari SMK Adi Sumarmo, Handi Widya Utama dari SMK PGRI 1 Karanganyar, Haedar Ali dan Muhammad Fuazan dari SMA Muhammadiyah 3.

Berdasarkan ketentuan, kelima peserta tersebut tak dapat mengikuti ujian susulan lantaran tak mengikuti program ujian sebagai bagian dari syarat kelulusan. Dengan demikian, mereka dinyatakan tidak lulus.

“Nilainya kan tidak ada. Jadi harus mengulang setahun lagi. Padahal dari pihak sekolah juga tidak kurang-kurang dan mengupayakan agar mereka mau ikut ujian,” sebut Agus.

Selain kelima peserta yang mengundurkan diri, dua orang siswa asal SMAN 3 Colomadu, Hilarius Christian CN dan Wahyudita M terpaksa absen lantaran sakit. Keduanya tak dapat mengikuti ujian pada hari kedua.

“Namun berdasarkan laporan, salah satu dari keduanya sudah masuk hari ini, Rabu (15/4). Kemarin mereka sempat datang ke sekolah, namun karena sakit akhirnya pulang. Mereka bisa mengikuti ujian susulan, satu pekan setelah jadwal utama ujian,” jelas Agus.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge