0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tahun Depan, Sekolah Pelaksana UN CBT Bakal Ditambah

timlo.net/nanang
Pemantauan oleh DPRD Jateng (timlo.net/nanang)

Karanganyar — Lancarnya pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dengan sistem Computer Based Test (CBT) di sejumlah sekolah di Karanganyar membawa harapan baru. Sejumlah sekolah lain yang mempunyai sarana dan prasarana memadai bakal di ajukan mengikuti UN CBT tahun depan.

“Tahun depan, diharapkan jumlah sekolah yang melaksanakan UN CBT bertambah. Apalagi ini kan prioritas nasional,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Karanganyar Agus Hariyanto saat ditemui usai melakukan peninjauan di SMK 1 Karanganyar, Rabu (15/4).

Agus menambahkan, ada beberapa sekolah di Karanganyar, yang memiliki sarana prasarana memadai, untuk bisa melaksanakan UN CBT. Seperti SMAN 1 Karanganyar, SMAN Jenawi, SMAN Gondangrejo, SMAN Mojogedang dan SMK Muhammadiyah.

“Kalau secara teknis, saya rasa siap. Dari sisi siswa juga siap, karena siswa sekolah saat ini kebanyakan sudah melek teknologi,” imbuhnya.

Dari evaluasi awal, kata Agus, selain menghemat biaya, UN CBT validitasnya terjaga. Dari sisi siswa, beberapa siswa peserta mengaku lebih enjoy mengerjakan UN CBT daripada ujian manual.

“Namun semuanya masih tergantung pusat, kami di daerah hanya melaksanakan saja,” katanya.

Sementara itu, Komisi E DPRD Propinsi Jateng yang melakukan pantauan di SMKN 1 dan SMKN 2 Karanganyar tidak menemukan kendala berarti. Kekhawatiran yang muncul sebelumnya, bahwa siswa akan kesulitan dalam mengerjakan maupun kendala-kendala teknis yang akan timbul terkait penggunaan komputer, ternyata tidak terbukti.

“Wajar saja kekhawatiran itu muncul. Ini kan pelaksanaan pertama,” kata Wakil Ketua Komisi E DPRD Jateng Joko Purnomo saat melakukan pemantauan jalannya UN CBT, Rabu (15/4).

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge