0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilih Kerja, 14 Peserta UN Paket C Terancam Tidak Lulus

dok.timlo.net/red
Ilustrasi UJian Nasional (UN) (dok.timlo.net/red)

Klaten — Sejumlah peserta Ujian Nasional Program Kesetaraan (UNPK) atau Paket C, tidak hadir. Diduga mereka bolos lantaran tidak mendapatkan ijin dari perusahaan atau majikan yang bersangkutan.

“Dari 170 peserta ujian paket C, ada 14 orang yang bolong-bolong. Bahkan ada yang tidak hadir sama sekali sejak hari pertama UNPK berlangsung,” ujar Ketua Panitia UN 3 bidang UNPK Listyowati Sri Wulandari, Rabu (15/3).

Dijelaskan Listyowati, peserta yang membolos itu rata-rata bekerja sebagai buruh pabrik. Mereka tidak bisa datang lantaran berbagai alasan, seperti terikat kontrak dengan perusahaannya, takut gaji dipotong, dan tidak mendapatkan ijin libur. Mereka terancam tidak lulus dan harus kembali mengulang ujian paket C pada tahun depan.

Dia melanjutkan, antusiasme warga mengikuti ujian Paket C selalu banyak, bekisar antara 100 hingga 200 peserta setiap tahunnya. Sedangkan terkait beban psikologis, tahun ini peserta lebih enjoy dibanding tahun sebelumnya karena UN kali ini tidak menentukan syarat kelulusan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge