0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tekan Anggaran, Pilih Leaflet Sebagai Alat Peraga Kampanye

Gedung KPUD Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015, KPU Wonogiri mulai memutar otak untuk menekan anggaran. Salah satunya alat peraga sosialisasi kampanye pilkada. Dari empat opsi alat peraga kampanye, leaflet dan pamflet lebih dipilih, lantaran karena lebih murah.

“Kalau leaflet cuma menghabiskan biaya sekitar Rp 1,3 miliar sedangkan pamflet hanya Rp 2,2 miliar,” kata Ketua KPU Wonogiri, Mat Nawir, Rabu (15/4).

Menurut dia, untuk biaya poster dan flyer dinilai lebih mahal. Diperkirakan, biaya pembuatan poster bisa menelan biaya hingga Rp 6 miliar.

”Kalau kami memilih poster, anggaran Pilkada bisa lebih dari Rp 26 miliar,” ujarnya.

Alat peraga tersebut rencananya akan disebarkan ke seluruh keluarga di Kabupaten Wonogiri. Meski demikian, KPU Wonogiri masih menunggu terbitnya Peraturan KPU (PKPU).

Dia mengaku lebih tenang, karena Pemkab sebelumnya telah menganggarkan dana sekitar Rp 26 miliar, untuk digunakan untuk menggelar Pilkada. Pihaknya tinggal mereview besaran anggaran tersebut untuk disesuaikan dengan peraturan yang berlaku saat ini.

“Ada empat item yang akan difasilitasi oleh KPU. Yakni debat publik, penyebaran bahan kampanye, pemasangan alat peraga, dan iklan. Pada masa kampenye Pilkada mendatang, pasangan calon bupati, partai politik, maupun tim suksesnya tidak boleh memproduksi alat peraga kampanye sendiri,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge