0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hari Kartini, Desa Talang Bayat Gelar Lomba Memasak Non Beras

Kue Lapis dari singkong dalam lomba memasak kudapan berbahan non beras (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten – Dalam rangka memeriahkan Hari Kartini, belasan ibu-ibu PKK Desa Talang, Kecamatan Bayat, Klaten mengikuti lomba mengolah kudapan non beras. Selain memasak, juga berlangsung perlombaan merias wajah di Balai Desa setempat, Selasa (14/4).

“Lomba ini sesuai anjuran dari Pemerintah untuk mengenalkan bahan pangan lokal. Pasalnya, ketergantungan kita terhadap beras sangat tinggi. Bahkan ada istilah Jawa, kalau tidak makan nasi pasti belum kenyang,” kata Ketua PKK Desa Talang, Sri Purwahyuni.

Dengan dibagi menjadi 20 tim seturut jumlah Rukun Tetangga (RT), ibu-ibu PKK Desa Talang menyajikan menu kudapan seperti cake singkong, kue singkong, tiwul goreng, kue pero dari singkong dan tempe, serta hidangan lainnya. Tak lupa juga, setiap tim harus menunjukkan secarik kertas berisi resep memasak sesuai hidangan yang ditampilkan.

“Aneka rupa makanan itu dibuat dengan budget tak lebih dari Rp 25 ribu. Maka, banyak yang memanfaatkan singkong sebagai bahan utama lantaran tinggal petik di pekarangan belakang rumah mereka masing-masing. Sedangkan untuk penilaiannya, kita ukur dari rasa dan penyajian,” ujar Purwahyuni.

Karena ketergantungan itulah, lanjut Purwahyuni, momentum bulan Kartini ini dimanfaatkan pihaknya untuk mengenalkan bahan pangan lokal sebagai pengganti beras yang menghasilkan karbohidrat, protein, vitamin serta mineral.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge