0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

31 Peserta Paket C Tidak Ikut Ujian

timlo.net/nanin
Sebanyak enam siswa tidak mengikuti ujian nasional di Boyolali,dua diantaranya dikarenakan sakit (timlo.net/nanin)

Boyolali — Peserta ujian nasional paket C dihari kedua mengalami peningkatan dibandingkan hari pertama. Jumlah peserta ujian yang tidak mengikuti ujian dihari kedua sebanyak 31 peserta, sedangkan hari pertama hanya 30 peserta.

“Banyak yang tidak hadir dalam UN, total peserta ujian nasional paket C sebanyak 139 orang, ” ujar Ketua Panitia UN Kabupaten Boyolali, Darmanto, Rabu (15/4).

Diakui, sebelum pelaksanaan UN pihaknya sudah melakukan sosialisasi menyeluruh ke semua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) penyelenggara kegiatan kelompok belajar (kejar) paket C. Mereka diminta untuk mendata seluruh peserta guna mengikuti UN.

Bahkan, dalam sosialisasi juga dilakukan pemetaan terkait kendala yang mungkin dialami peserta. Disdikpora juga melakukan koordinasi dengan perusahaan tempat peserta kejar paket C bekerja. Tujuannya, agar perusahaan bersangkutan memberikan kesempatan bagi karyawannya ikut UN.

“Kita sebenarnya sudah siap memfasilitasi semua peserta UN agar bisa datang tepat waktu di lokasi UN dengan cara menyewa kendaraan, ” imbuhnya.

Hanya saja, meskipun persiapan sudah dilakukan secara maksimal, masih ada sejumlah peserta kejar paket C tidak bisa mengikuti UN. Mayoritas disebabkan karena mereka berada atau bekerja di luar kota. Sebagian kecil lainnya karena menikah atau melahirkan anak. Namun, peserta UN yang tidak mengikuti ujian, masih diberi kesempatan mengikuti ujian susulan tanggal 20 April mendatang.

Disinggung tentang jumlah peserta UN SMA/SMK yang tidak ikut UN, dia mengaku tercatat sebanyak enam siswa. Dari jumlah tersebut, hanya dua siswa yang bisa ikut UN susulan karena sakit. Hal itu juga diperkuat dengan surat keterangan dokter. Sedangkan sisanya, setelah ditelusuri ternyata siswa sudah meninggal.

“Namanya sudah masuk dalam daftar dan tidak bisa didrop, ” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge