0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rumahnya Ambles, Ngadimin Tuntut Ganti Rugi

dok.timlonet/tarmuji
Rumah milik Ngadimin ambles, warga tengah bergotong royong memperbaiki (dok.timlonet/tarmuji)

Wonogiri —  Ngadimin(61) warga Dusun Ploso Wetan, RT 02/ RW 04 Desa Kedung Gupit, Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri menuntut pemerintah mengganti rugi rumahnya yang ambles. Pasalnya rumah sekaligus warung makan miliknya ambles akibat tergerus air dari gorong-gorong jalan raya Wonogiri – Ponorogo (Jatim), Selasa (14/4).

“Karena tersumbat, air kemudian mencari celah sendiri, akibatnya tanah di sekitar gorong-gorong tergerus dan akibatnya rumah dan warung saya ambles,” kata Ngadimin saat dijumpai wartawan di rumahnya, Rabu (15/4).

Ngadimin mengatakan, kerugian yang ia derita akibat amblesnya tanah tersebut sekitar Rp 35 juta. Sudah sejak tiga bulan lalu, dia melaporkan tanda-tanda tergerusnya gorong-gorong itu, baik ke pemerintah desa, kecamatan dan ke Dinas PU, namun tak kunjung diperbaiki. Bahkan, dia sudah menguruk dengan tanah sebanyak lima rit truk dump selanjutnya ditutup cor.

“Barang-barang seperti pakaian, peralatan elektronik dan peralatan rumah tangga masuk dan tertimbun ke dalam tanah sedalam 5 meter,” katanya.

Kepala Desa Kedung Gupit, Sakimin mengatakan, tanah ambles terjadi akibat air selokan yang masuk ke gorong-gorong tidak muat. Sehingga menggerus tanah di sekeliling gorong-gorong yang kemudian membuat tanah di atasnya ambles. Atas kejadian itu, dirinya lantas berkoordinasi dengan Dinas PU, namun hingga saat ini belum datang ke lokasi kejadian.

“Sejak kemarin  langsung diperbaiki, saya juga sudah koordinasi dengan PU tapi hari ini  belum kelihatan,” jelas Sakimin.

Ditambahkan, hingga hari ini tanah di dasar sudah dikeruk, kemudian proses pembuatan talut dan pengurukan sudah dilakukan. Warga pun gotong royong untuk membantu memperbaiki rumah. Sedang material berupa pasir, tanah uruk dan batu telah dibiayai Pemerintah Propinsi dan DPU.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge