0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UN CBT di Karanganyar Dapat Apresiasi DPRD

ilustrasi pendidikan (dok.timlo.net/nanang rahadian)
Karanganyar – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) berbasis komputer (computer based test atau CBT) di Karanganyar mendapat apresiasi dari kalangan DPRD. Dari  pantauan mereka di SMKN 1 Karanganyar dan SMKN 2 Karanganyar, semuanya berjalan lancar dan tanpa kendala berarti.
“Semuanya lancar. Siswa tidak menemui persoalan saat mengakses soal maupun menjawab pertanyaan di komputer,” kata Ketua Komisi D DPRD Karanganyar Endang Muryanti, Selasa (14/4).

Menurut Endang, selain pelaksanaannya tanpa kendala, para siswa peserta ujian lebih nyaman dalam mengerjakan soal-soal ujian. “Mereka tidak terlihat enjoy dalam mengerjakan,” tuturnya.

Dia mengapresiasi semua pihak terkait, yang telah berupaya optimal agar pelaksanaan UN CBT tidak menemui kendala. Seperti Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) yang berkoordinasi intensif dengan PLN, untuk menjamin tidak ada pemadaman listrik selama ujian berlangsung.

Penyiapan sarana prasarana, terutama komputer yang digunakan untuk mengerjakan ujian, juga dinilainya bagus. Sehingga jika terjadi kerusakan, bisa segera diatasi.

“Saat kami sidak, sempat ada satu komputer yang rusak. Tapi langsung diatasi, karena di setiap ruangan ujian terdapat empat komputer cadangan yang bisa digunakan, jika ada komputer yang rusak,” jelasnya.

Politikus PDIP ini menilai, pelaksanaan ujian berbasis komputer lebih efisien, dibandingkan ujian dengan menggunakan kertas soal dan lembar jawaban. Dari sisi distribusi soal, tidak merepotkan seperti halnya ujian manual.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge