0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tanah Longsor, Satu Rumah Warga Ambruk

dok.merdeka.com
ilustrasi (dok.merdeka.com)

Wonogiri — Bencana alam kembali terjadi di Kabupaten Wonogiri. Kali ini tanah longsor di Dusun Ploso Wetan, Desa Kedung Gupit, Kecamatan Sidoharjo, Selasa(14/4). Akibat kejadian itu, sebuah rumah milik warga setempat rusak berat. Kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta. Tidak korban jiwa dalam peristiwa itu.

“Rumah milik Ngadimin di RT 02 RW 04 Dusun Ploso Wetan, Desa Kedung Gupit, Kecamatan Sidoharjo ambruk. Rumah itu sekaligus dijadikan warung, “ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri Bambang Haryanto.

Menurut Bambang, hujan yang deras sepanjang Senin(13/4) malam dengan intensitas tinggi menyebabkan tanah menjadi labil. Sehingga pondasi rumah tergerus kemudian longsor. Satu rumah ambruk akibat kejadian itu. Penghuni rumah terpaksa mengungsi kerumah tetangga.

“Kerugian ditaksir mencapai Rp 12 juta,” tambahnya.

Dia mengatakan, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 11. 00 WIB. Mendapat laporan, pihaknya lantas mendatangi tempat kejadian untuk melakukan penanganan paska bencana. Pihaknya juga berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat, warga sekitar serta TNI/Polri untuk bergotong-royong membersihkan material longsor.

Ditambahkan, saat ini personil BPBD masih berada di lokasi untuk membantu korban. Selain itu, pihaknya masih berjaga-jaga, lantaran dimungkinkan adanya longsoran susulan.

“Tadi sudah kita laporkan pemerintah, soalnya longsoran tanah ini juga mengancam menutup badan jalan, padahal jalan ini merupakan akses utama jalur antar propinsi (Jateng-Jatim),” imbuhnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge