0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PMI Kembangkan Tiga Desa Tangguh

Boyolali kembangkan Desa Tangguh didaerah rawan bencana (timlo.net/nanin)

Boyolali — Palang Merah Indonesia (PMI) Boyolali terus melakukan kesiagaan bencana di masyarakat. Salah satunya dengan mengembangkan program Desa Tangguh di tiga desa di Lereng Merapi Merbabu. Ketiga desa tersebut dipilih karena punya potensi tinggi terhadap bencana, seperti letusan Gunung Merapi dan tanah longsor. Dua desa tangguh akan menyusul pada periode berikutnya.

“Kita sengaja memilih di desa-desa dengan potensi bencana yang tinggi,” ujar Kepala Markas PMI Boyolali, Hartono, Selasa (14/4).

Tiga desa tangguh tersebut berada di Desa Cluntang di Kecamatan Musuk, Desa Wonodoyo Kecamatan Cepogo, dan Desa Tanjungsari Kecamatan Ampel. Ketiga desa tersebut dipilih sebagai sasaran program berdasar karakteristik potensi bencana masing-masing wilayah. Di wilayah Musuk dan Cepogo misalnya, wilayah tersebut rawan bencana longsor dan ancaman erupsi Merapi. Tiap tahun dua wilayah di kaki Merapi tersebut juga dilanda kekeringan. Sedang di ampel, potensi bencana yang ada yakni longsor serta puting beliung.

“Tahun ini kami programkan dua desa tangguh lagi, rencana di wilayah Kecamatan Karanggede atau Kemusu, disana rawan kekeringan dan puting beliung,” imbuh Hartono.

Dijelaskan, dalam program desa tangguh ini, PMI lebih cenderung hanya mendorong pihak desa untuk tanggap secara sistematis dan terstruktur dalam menghadapi bencana. Keberlangsungan dan keberhasilan program sepenuhnya di pihak desa. PMI sendiri hanya ikut berkontribusi dalam mendorong pihak desa untuk tanggap bencana melalui fasilitasi pelatihan tanggap bencana seperti teknis pencegahan dan evakuasi, sosialisasi, pendampingan serta berbagai simulasi tanggap bencana.

“Kita lakukan secara kontinyu, agar komunikasi tetap terjalin dengan baik,” tandasnya.

Sementara untuk berbagai peralatan tanggap bencana, pihak desa mengupayakan sendiri secara kreatif. Desa Wonodoyo misalnya, mereka sedang mengusahakan peralatan tanggap bencana dengan menggandeng sponsor.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge