0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Muhammadiyah Miliki Potensi Akselerasi Transnasionalisasi

dok.timlo.net/tyo eka
Seminar Muhammadiyah Ormas Islam Indonesia Transnasional: Potensi dan Prospek, di Kampus UMS (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo — Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Azyumardi Azra menyatakan, Muhammadiyah memiliki potensi besar dan pengalaman panjang untuk mengakselerasikan transnasionalisasi.

“Dari sudut ortodoksi Islam Indonesia, Muhammadiyah membuktikan kebertahanan dan keberlanjutan paham keislaman yang menekan moderasi,” ungkap Azyumardi saat berbicara tentang “Muhammadiyah Ormas Islam Indonesia Transnasional: Potensi dan Prospek”, di Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Selasa (14/4).

Dengan begitu, menurut Azyumardi, Muhammadiyah dapat meningkatkan eksistensi dan amal usahanya di tengah gelombang perubahan baik di tingkat negara Indonesia maupun kehidupan masyarakat bangsa.

Selain itu, Muhammadiyah sangat kaya dengan kelembagaan dalam berbagai bidang kehidupan. Pada saat yang sama, Muhammadiyah juga kaya dengan SDM yang umumnya menjadi tulang punggung kelas menengah muslim.

Dengan semua potensi dan kekayaan warisannya, Muhammadiyah berada pada posisi yang kuat untuk mengakselarasikan transnasionalisasinya. “Untuk itu, Muhammadiyah mesti lebih asertif dan memperluas jaringan di mancanegara baik dengan kelompok dan komunitas Islam tetapi juga dengan lingkungan masyarakat dan pemerintahan lebih luas,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge