0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SMAN 1 Solo Mundur dari UN CBT, Dewan: Tak Lazim

dok.timlo.net/gg
Ketua Komisi IV DPRD Solo, Hartanti (dok.timlo.net/gg)

Solo — Ketua DPRD Solo Teguh Prakosa, menyayangkan mundurnya SMAN 1 Solo dari Ujian Nasional (UN) sistem Computer Based Test (CBT). Pasalnya, pelaksanaan UN CBT di beberapa SMA/SMK di Solo ternyata berjalan lancar tanpa kendala berarti.

“Dia (SMAN 1 Solo), sekolah eks RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) puluhan tahun dan sekolah negeri larang dhewe. Tetapi, saat awal mengiyakan UN CBT, di pertengahan mundur. Ini kita sayangkan,” kata Teguh kepada wartawan, Selasa (14/3).

Menurutnya, alasan infrastruktur tidak siap yang disampaikan SMAN 1 Solo tidak relevan. Sebagai sekolah eks RSBI dengan kucuran biaya yang besar dari pemerintah, seharusnya persoalan infrastruktur tidak menjadi kendala.

Lha kalau sekolah eks RSBI tidak siap, ini menjadi tanda tanya besar bagi kami. Ternyata, selama ini dana dari pusat itu tidak dimanajemen dengan baik sekolah itu. Kalau kebetulan di sana lahir juara dan orang-orang bisa jadi menteri ya karena bibitnya sudah baik dulu. Bukan karena manajemennya. Kalau seperti itu ya semua kepala sekolah bisa,” bebernya.

Teguh justru memberi apresiasi kepada SMAN 3 Solo dan tujuh dari sembilan SMK negeri di Solo yang berani menyelenggarakan UN CBT. Dari pantauannya di lapangan, pelaksanaan UN CBT berjalan baik. Siswa juga lebih dimudahkan dengan adanya UN CBT. Waktu siswa juga tidak terkurangi mengisi identitas pada LJK.

Teguh mendorong, semua sekolah negeri tahun depan menyiapkan UN sistem CBT. Pemerintah siap membantu infrastruktur untuk UN CBT.

“Di jaman global ini, salah kalau kita tidak laksanakan UN CBT. 2016 semua sekolah negeri kita dorong. Pemerintah akan bantu infrastrukturnya,” ujarnya.

Senada, Ketua Komisi IV DPRD Solo, Hartanti menilai tidak lazim sekolah eks RSBI tidak siap gelar UN CBT.

“Tidak lazim, sekolah eks RSBi tidak siap. Harus dievalusi keseluruhan,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge