0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Sosok Prista, TKI Hebohkan Dunia Maya

dok.merdeka.com
Prista Apria Risty (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Hong kong, Prista Apria Risty, membuat heboh sosial media. Melalui situs Youtube, ia curhat dan menyindir kelakuan para suami yang hidup foya-foya karena ditinggal istri bekerja di luar negeri.

Menjadi seorang TKI di Hong Kong sudah dijalani oleh Prista sejak setahun lalu. Meski berstatus sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT) di negeri orang, Prista tetap percaya diri dengan profesi yang dijalaninya. Wanita lulusan SMP ini mengaku terpaksa menjadi TKI lantaran selama di Indonesia tidak mendapat pekerjaan.

“Sebelum, jadi TKI di Hong Kong saya pernah di Taiwan, itu karena keinginan sendiri. Soalnya di Indonesia tahu sendiri cari kerjaan susah. Kenapa saya ke Hong Kong, karena pekerjaan di sana tidak sama seperti di Indonesia. Kalau di Indonesia, kalau jadi pembantu itu sepertinya dipandang rendah, di sana kita punya kebebasan,” ucap Prista, Senin (13/4) malam.

Dia melanjutkan, pekerjaan sebagai pembatu tidak jauh berbeda dengan di Indonesia. Tugas mengepel, nyapu, menyuci baju dan memasak tetap dijalaninya dengan senang hati. Prista menambahkan, di Hong Kong seorang pembatu cukup dihargai oleh majikan dan juga masyarakat di sana.

“Di sana kita punya kebebasan, kita juga punya hak di sana. Kita dikasih libur seminggu sekali. Kerjaan tidak begitu berat, yang penting gajinya kan juga lumayan,” jelasnya.

Namun demikian dia juga tak menyangkal bahwa ada juga beberapa teman sesama TKI di luar negeri yang mengalami siksaan dari majikannya.

“Nasib orang kan tidak sama, sifat majikan juga tidak sama, tergantung kita juga,” lanjutnya.

Prista mengaku senang menjadi seorang TKI di Hongkong dibanding kerja di Indonesia. Dengan upah sebesar Rp 6 sampai Rp 7 juta per bulan sebagai seorang pembantu menurutnya tidak akan bisa didapat di Indonesia.

“Itu kotornya sekitar Rp 6 juta sampai Rp 7 juta, tergantung kitanya bisa ngirit atau tidak, karenakan kita seminggu sekali libur, mustahil kalau tidak ngeluarin duit. Belum ngasih buat keluarga,” jelasnya.

Sebelumnya, Prista Apria Risty mengungkapkan curhatnya ketika melihat video suami TKW lain yang mengaku senang ditinggal.

Penak ditinggal bojone ning luar negeri? Penak Mas? Yo peeenak! Pora penak piye? Ning omah nduwe duit, rokoan, Facebook-an, upload video, ombenane Extra Joss (Enak ditinggal istrinya ke luar negeri. Enak mas? Ya enak. Nggak enak bagaimana? Di rumah punya uang, merokok, main Facebook, mengunggah video, minumnya Extra Joss),” demikian kata-kata Prista dalam video curhatannya.

[tyo]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge