0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyak Perusahaan Belum Daftarkan Karyawan ke BPJS

Seorang warga tengah mengisi formulir pendaftaran kepesertaan BPJS (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Hingga saat ini, masih banyak perusahaan di Wonogiri belum mendaftarkan karyawannya dalam kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS). Baru satu perusahaan yang  mendaftarkan karyawannya ke BPJS.

“Benar, PT Deltomed, itu pun baru dalam tahap proses,” ujar Kepala Kantor Cabang BPJS Wonogiri ,Mujiyana saat dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Selasa (14/4).

Menurut Mujiyana, sesuai aturan Perpres Nomor 111 tahun 2013 telah diatur tentang jaminan kesehatan terhadap pekerja, dimana di situ sudah ditetapkan ketentuan bahwa perusahaan wajib membayar iuran bulanan pada BPJS empat persen, sedang pekerja membayar iuran bulanan sebesar 0,5 persen.

“Yang sudah mengikutsertakan karyawannya dalam program jaminan kesehatan ini kebanyakan perusahaan otobus (PO),” jelasnya.

Ditambahkan, sejak program BPJS ini resmi dilaunching, ia sudah aktif melakukan sosialisasi ke banyak perusahaan atau pun sektor usaha dengan modal besar di Wonogiri. Namun tetap saja tingkat kesadaran pengusaha Wonogiri masih rendah. Pihaknya pun bekerjasama dengan Pemkab Wonogiri, dalam hal ini Disnakertrans, untuk mensosialisasikan  pentingnya BPJS.

“Sebenarnya apabila perusahaan belum mengikutsertakan karyawannya dalam BPJS akan dapat sanksi, yakni berupa sanksi administrasi,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge