0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

8 Siswa Ikuti UN di Lapas Klaten

Lapas Klaten (Dok.Timlo.net)

Klaten – Delapan siswa mengikuti ujian nasional (UN) 2015 dari balik jeruji besi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Klaten, Senin
(13/4). Dari delapan orang itu, satu di antaranya merupakan petugas Lapas II B Klaten.

“Di luar petugas kami dari bagian umum, tujuh orang lainnya merupakan penghuni Lapas. Seorang siswa SMK swasta dan tujuh orang peserta ujian nasional program kesetaraan (UNPK),” kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) II B Klaten, Budi Prayitno.

Dikatakan Kalapas Klaten, jadwal pelaksanaan ujian dilakukan secara terpisah. Untuk siswa SMK dilakukan bersamaan dengan jadwal ujian reguler, sedangkan untuk UNPK dilakukan siang hari pada pukul 13.00 WIB. “Pelaksanaan ujian sengaja dilakukan di dalam Lapas karena alasan keamanan. Yang jelas, bila dilaksanakan di dalam lapas pasti lebih kondusif,” imbuh Budi.

Sebelum menempuh ujian, sambung Budi, peserta ujian reguler maupun UNPK mendapatkan waktu untuk belajar di dalam lapas. Dalam seminggu, para peserta ujian mendapatkan bimbingan dari guru yang didatangkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten.

“Mereka yang mengikuti ujian di Lapas memiliki masalah hukum yang beragam. Mulai dari kasus asusila, pembunuhan, Narkoba, hingga kecelakaan di jalan raya. Dari enam peserta ujian UNPK, dua di antaranya sudah bebas bersyarat,” sambungnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge