0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Musim Pancaroba, Lima Kecamatan Diminta Waspada

timlo.net/putra kurniawan
Ilustrasi bencana puting beliung (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Lima kecamatan di Kabupaten Sukoharjo dihimbau untuk mewaspadai terjangan angin puting beliung pada musim pancaroba. BPBD Sukoharjo memprediksikan awal Bulan Mei sudah memasuki musim peralihan dari penghujan ke kemarau.

“Sejak sekarang kita sudah meperingatkan warga untuk mewaspadai kemungkinan datangnya angin putting beliung, mengingat dua hingga tiga minggu ke depan kita prediksikan sudah masuk musim pancaroba,” kata Kepala BPBD Sukoharjo, Suprapto, Senin (13/4).

Sejauh ini, BPBD menyatakan, ada lima kecamatan di Sukoharjo selalu menjadi langganan bencana angin puting beliung. Kelimanya meliputi, Nguter (Desa Lawu, Kepuh dan Daleman), Baki (Desa Mancasan, Gedongan, Duwet, Ngrombo, Purbayan dan Jetis), Gatak (Desa Jati, Blimbing, Geneng dan Gawok), Grogol (Desa Parangjoro, Langenharjo, Magedondo dan Telukan), serta Kartasura hampir merata di 12 desa atau kelurahan yang ada.

Warga dihimbau untuk mulai mengantisipasi sendiri pemukiman mereka untuk mencegah timbulnya korban jiwa maupun benda saat angin Putting Beliung datang. Selain itu, pihak BPBD juga menjalin kordinasi dengan instansi terkait agar bersiap diri jika sewaktu-waktu bencana datang.

“Bentuk antisipasinya seperti, merapikan aliran listrik di rumah-rumah, memangkas dahan phon agar tidak mudah roboh, dan juga memperhatikan baliho agar tidak sampai menimpa warga,” tandas Suprapto.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge